Eksplorasi Monumen Nasional Jakarta

Eksplorasi Monumen Nasional Jakarta
Eksplorasi Monumen Nasional Jakarta

Eksplorasi Monumen Nasional Jakarta

Eksplorasi Monumen Nasional Jakarta. Tempat Wisata Monumen Nasional Jakarta – banyak sekali yang ada di negara kita khususnya peninggalan sejarahnya yang sangat melimpah oleh sebab itu banga sekali untuk kita jadi warga negara Indonesia tercinta.

Monumen Nasional terletak di

RT.5/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

Nah salah salah satunya yang menjadi aikon ibu negara kita yakni monas (monumen nasional ) yang didirikan untuk mengenang arwah perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Kekaisaran Belanda yang  Pembangunan dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 yang dipimpin oleh perintah presiden Soekarno dan diresmikan hingga dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975.

Tempat ini mempunyai keistimewaan tersendiri, selain bentuk yang sangat unik, daya tarik Monas juga terletak pada lapisan emas yang melapisi tugu ini, Lapisan emas seberat 35 kg ini yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala dari rakyat Indonesia, menjadi keistimewaan tersendiri bagi tugu yang letaknya di Jalan Medan Merdeka ini.

Dan kamu bisa menaiki tempat tersebut menggunakan Lift yang sudah sediakan, dulu lift ini rusak dan kini untuk ke puncak Monas sudah selesai diperbaiki, Kini lift tersebut sudah bisa dinikmati kembali oleh pengunjung yang ingin melihat pemandangan Kota Jakarta dari ketinggian.

Harga Tiket Masuk Kedalam Monumen Nasional

Untuk Tarif harga tiket masuk ke Puncak Monas tersendiri yakni Rp 15.000 untuk kalangan dewasa dan Rp 8.000 untuk mahasiswa dan Rp 4.000 untuk anak-anak. untuk harga tiket masuk Museum Monas adalah Rp 5.000 untuk dewasa, Rp 3.000 mahasiswa dan Rp 2.000 untuk anak-anak Sementara Monas buka setiap dari Selasa-Minggu pukul 06.00-16.00 WIB.

Untuk memesan tiketnya kamu bisa untukmelalu online yang sudah sedia di gonggel agar lebih mudah untuk memasuki tempat tersebut, adapun larangan nya yang kamu tidak boleh lakukan selama ada di dalam tersebut.

Untuk didalamnya terdapat sebuah bagian dalam cawan monumen terdapat Ruang Kemerdekaan dalam berbentuk amphitheater tempat Ruangan ini menyimpan sebuah simbol kenegaraan dan kemerdekaan Republik Indonesia, yakni: Naskah asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang akan disimpan rapi didalam kotak kaca dalam gerbang yang berlapis emas yang Lambang negara Indonesia.

Ketinggian pada tempat ini juga memiliki tinggi kurang lebih 132 meter atau sekitar 433 kaki dan dibangun diarea seluas 80 Hektar, Bagian atas yang terletak pada puncak monas yang dinamakan Lidah api yang terletak di atas atap.

pelataran puncak yang berbentuk kerucut setinggi 14 meter ini, adapun untuk seluruhnya terbuat dari perunggu seberat 14,5 ton dan terdiri dari 77 bagian yang disatukan dan Seluruh permukaan luarnya dilapis emas yang sangat murni.

 jika hari kemerdekaan tempat ini menjadi tempat titik kumpul buat upacara akan kemerdekaan negara, tempat tersebut hampir berdekatan dengan istana kepresiden, ada banyak sekali acara yang di tunjukan pada lokasi tersebut.

Sebab itu tempat ini menjadi yang sangat wajib untuk kita kunjugi bersama keluarga tercinta maupun sahabat agra tau tentang sejarah ibu kota tercinta dan bisa di kenal lebih luas ke mancan negara hingga indonesia banyak di kunjugi wisatawan asing.

  • Rancangan Dalam Bangun Monumen Nasional

Monumen Nasional ini dalam tahap pembangunan. Yang dimanan sudah dirancang bangun Tugu Monas yang berdasarkan pada konsep pasangan universal yang sangat abadi; Lingga dan Yoni. Tugu obelisk yang menjulang tinggi ialah lingga yang melambangkan laki-laki, elemen maskulin yang sangat bersifat aktif dan positif, serta melambangkan pada siang hari.

Sementara untuk pelataran cawan landasan obelisk ialah Yoni yang melambangkan akan perempuan, elemen feminin yang sangat pasif dan negatif serta melambangkan malam hari. Relief Sejarah Indonesia yang timbul akan sejarah Indonesia menampilkan Gajah Mada dan sejarah Majapahit.

Untuk setiap sudut halaman luar yang mengelilingi monumen terdapat relief yang menggambarkan akan sejarah Indonesia. Relief ini bermula disaat sudut timur laut dengan mengabadikan kejayaan Nusantara pada masa lampau dan juga menampilkan akan sejarah Singhasari dan Majapahit.

Relief ini akan berlanjut dengan secara kronologis dan juga searah jarum jam disaat menuju sudut tenggara, barat daya dan barat laut terdapat Ruang kemerdekaan di bagian dalam cawan monumen terdapat Ruang Kemerdekaan berbentuk amphitheater.

Yang dimana pada ruangan ini juga bisa dapat dicapai dengan hanya melalui tangga yang sudah berputar dari pintu sisi utara dan selatan. Ruangan ini menyimpan akan simbol kenegaraan dan kemerdekaan Republik Indonesia

Pelataran Puncak dan api Kemerdekaan, yang dimana pada Pelataran itu berada diempat setinggi 115 meter, sehingga untuk para pengunjung nisa dapat menikmati akan panorama Jakarta dari ketinggian

Sebuah lift (elevator) pada pintu sisi selatan juga akan membawa pengunjung menuju pelataran puncak berukuran 11 x 11 meter di ketinggian 115 meter dari permukaan tanah. Lift ini berkapasitas 11 orang sekali angkut untuk Pelataran puncak ini juga bisa dapat menampung sekitar 50 orang, serta terdapat teropong untuk melihat panorama Jakarta lebih dekat.

Apabila dalam kondisi cuaca yang sanga cerah tanpa asap kabut, di arah ke selatan akan terlihat dari kejauhan, Gunung Salak yang berada di wilayah kabupaten Bogor, Jawa Barat, arah utara membentang laut lepas dengan pulau-pulau kecil dan masih ada banyak lagi yang bisa dilihat dari atas monas.

Sehingga wisata ini sangatlah cocok sekali untuk dikunjugi bagi keluarga tercinta dan anak-anak dikarenakan tempat ini sangat beredukatif bagi anak-anak dan juga bisa melihat seluruh isi kota jakarta dari atas ketinggian.

Untuk aeranya sendiri sangatlah luas, terdapat tiga jalan untuk menuju ketempat tersebut, biasanya lokasi ini sangat cocok untuk bersantai di area sekitar monas dikarenakan ada banyak sekali pepohonan taman-taman yang dimana sangat bagus jika di kunjugi pada pagi hari atau sore hari.

Adapun jika malam hari untuk lampunya sangat indah, sehingga bila ada acara di malam hari monas inilah menjadi topik perhatian, yang dimana akan di tambahkan lampu yang berwarna-warni yang akan menghiasi kota jakarta.

Kalau merasa lelah berjalan kaki, anda bisa juga untuk naik kereta wisata di Monas. Kereta warna kuning dan merah ini memang banyak diminati oleh pengunjung dan rela antre demi diantar bolak balik menuju Monas.

Selain gratis, dengan menumpangi kereta ini kita tidak perlu membuang energi untuk berpanas-panasan jalan kaki. anda hanya tinggal menunjukkan karcis dan bisa masuk Monas yang bisa dibeli di loket, adapun bagian dasar monumen untuk bisa naik kereta wisata ini.

Kereta ini yang biasanya menurunkan dan menaikkan pengunjung tiap 10 menit sekali. Akan tetapi, kereta ini biasanya hanya dikeluarkan pada waktu khusus saja, melihat kepadatan pengunjung, jadi tidak setiap hari ada.

Jika berkunjung ke wisata momen nasional ibu negara kita hendaklah mematuhi peraturan yang ada demi kenyaman pengunjung dan ke amanan bersama dan untuk selalu menjaga kebersihan bersama buanglah sampah pada tempatnya agar tempat tersebut bersih enak untuk di lihat bersama, sangat di sayang sekali jika berkunjung jakarta tapi tidak menghampiri monumen yang sangat bersejarah ini.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *