Wisata ke Dieng ala Backpacker: Menelusuri Keindahan Alam dengan Budget Terjangkau

Wisata ke Dieng ala Backpacker: Menelusuri Keindahan Alam dengan Budget Terjangkau
Wisata ke Dieng ala Backpacker: Menelusuri Keindahan Alam dengan Budget Terjangkau

Greetings, Sobat Traveling!

Selamat datang, Sobat Traveling! Jika kamu mencari destinasi wisata yang indah dengan budget terjangkau, maka Dieng adalah jawabannya. Dieng, sebuah kawasan pegunungan yang terletak di Jawa Tengah, menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan pengalaman backpacker yang tak terlupakan. Dalam artikel ini, kami akan mengajak Sobat Traveling untuk menjelajahi pesona Dieng dengan gaya travel ala backpacker. Siapkan ransel dan semangatmu, Sobat Traveling!

wisata ke dieng ala backpacker

Keajaiban Alam di Dieng

Menyaksikan Sunrise di Puncak Sikunir

Salah satu keajaiban alam yang tak boleh Sobat Traveling lewatkan saat berwisata ke Dieng adalah menyaksikan sunrise di Puncak Sikunir. Letaknya yang cukup tinggi membuat Sobat Traveling akan dapat menikmati pemandangan matahari terbit yang spektakuler. Puncak Sikunir terkenal dengan panorama langit yang dihiasi oleh jajaran gunung dan danau berwarna hijau kebiruan. Rasakan sensasi magis saat langit perlahan menerangi danau-danau tersebut, menciptakan pemandangan yang sangat indah.

Menjelajahi Kawah Sikidang

Tidak jauh dari Puncak Sikunir, terdapat sebuah kawah yang unik bernama Kawah Sikidang. Kawah ini memancarkan uap belerang yang cukup menakjubkan. Sobat Traveling dapat menjelajahi kawah ini dengan berjalan-jalan di sekitar jalur kayu yang telah dibangun. Nikmati momen selfie dengan latar belakang uap belerang dan alam sekitar yang memesona. Namun, pastikan untuk mengikuti petunjuk keselamatan yang ada.

Mengunjungi Candi Arjuna

Jangan lewatkan kunjungan anda ke Candi Arjuna yang merupakan salah satu candi Hindu di kompleks percandian Dieng. Candi ini memiliki arsitektur yang menakjubkan dan memberikan pesona sejarah dan budaya Dieng. Nikmati suasana spiritual dan pengamatan arsitektur candi yang memukau di sekitar Candi Arjuna ini.

Rute Perjalanan ke Dieng

Perjalanan dari Yogyakarta ke Dieng

Jika Sobat Traveling berada di Yogyakarta, perjalanan ke Dieng dapat dimulai dari Malioboro. Ada dua opsi rute yang dapat Sobat Traveling pilih, yaitu rute melalui Magelang atau rute melalui Wonosobo. Rute melalui Magelang memiliki jarak sekitar 160 kilometer dan diperkirakan memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan. Sedangkan rute melalui Wonosobo memiliki jarak lebih pendek, sekitar 130 kilometer, dan diperkirakan memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Jika Sobat Traveling memilih rute melalui Wonosobo, perjalanan dimulai dari Yogyakarta menuju ke Wonosobo dengan menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta api. Setelah tiba di Wonosobo, Sobat Traveling dapat melanjutkan perjalanan ke Dieng dengan menggunakan angkutan umum seperti angkot atau ojek.

Jika Sobat Traveling memilih rute melalui Magelang, perjalanan dimulai dari Yogyakarta menuju ke Candimulyo, Magelang. Dari Candimulyo, Sobat Traveling dapat menggunakan angkutan umum seperti angkot atau ojek untuk melanjutkan perjalanan ke Dieng.

Perjalanan dari Semarang ke Dieng

Jika Sobat Traveling berada di Semarang, perjalanan ke Dieng akan lebih singkat. Dari Semarang, Sobat Traveling dapat menggunakan angkutan umum seperti bus atau kereta api menuju ke Wonosobo. Dari Wonosobo, Sobat Traveling dapat melanjutkan perjalanan ke Dieng dengan menggunakan angkutan umum seperti angkot atau ojek. Jarak perjalanan dari Semarang ke Dieng sekitar 130 kilometer dan memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Tiket Masuk dan Akomodasi

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan Dieng, Sobat Traveling harus membayar tiket masuk. Untuk wisatawan domestik, tiket masuk dengan harga sekitar Rp 15.000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, tiket masuk dikenakan biaya sekitar Rp 25.000 per orang. Tiket masuk ini sudah termasuk akses ke berbagai atraksi di kawasan Dieng, seperti Candi Arjuna, Kawah Sikidang, dan Puncak Sikunir.

Pilihan Penginapan

Bagi Sobat Traveling yang berencana menginap di Dieng, terdapat banyak pilihan penginapan dengan berbagai jenis dan harga. Beberapa hotel dan penginapan yang dapat Sobat Traveling pertimbangkan antara lain:

  • Kawah Sikidang Hotel & Spa
  • Arjuna Hotel Dieng
  • Puspa Indah Homestay
  • Dieng Plateau Hotel
  • PraikKesit Hotel & Restaurant

Anda dapat memesan penginapan melalui aplikasi pemesanan online atau menghubungi langsung pihak penginapan untuk informasi lebih lanjut dan reservasi.

“Merencanakan perjalanan liburan ke Dieng? Yuk, baca juga artikel menarik lainnya tentang wisata di Indonesia!” Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara atau Wisata Religi Sunan Ampel.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *