Wisata Dekat Parangtritis Selain Pantai: Temukan Keindahan Wisata Lainnya di Sekitar Parangtritis

Wisata Dekat Parangtritis Selain Pantai: Temukan Keindahan Wisata Lainnya di Sekitar Parangtritis Wisata Dekat Parangtritis Selain Pantai: Temukan Keindahan Wisata Lainnya di Sekitar Parangtritis

Selamat Datang, Sobat Traveling!

Apakah kamu sedang merencanakan liburan ke Parangtritis? Jika iya, kamu mungkin sudah tahu bahwa Pantai Parangtritis adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Yogyakarta. Namun, tahukah kamu bahwa wisata di sekitar Parangtritis tidak hanya terbatas pada pantai? Masih ada banyak tempat menarik lainnya yang bisa kamu eksplorasi. Dalam artikel ini, kami akan mengajakmu menjelajahi pesona wisata dekat Parangtritis selain pantai. Tunggu apalagi? Ayo kita mulai petualangan!

wisata dekat parangtritis selain pantai

Ada begitu banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di sekitar Parangtritis. Dari wisata alam yang menakjubkan hingga tempat-tempat budaya yang kaya sejarah, semuanya ada di sini. Jadi, jangan sampai kamu melewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan dan keunikan wisata dekat Parangtritis selain pantai. Inilah waktu yang tepat untuk merencanakan liburan seru bersama keluarga atau teman-temanmu. Kami telah menyiapkan beberapa tempat terbaik yang patut kamu kunjungi. Yuk, simak selengkapnya!

Eksplorasi Alam yang Menakjubkan

1. Air Terjun Sri Gethuk

Terletak di Desa Bleberan, Sri Gethuk adalah salah satu air terjun yang menawan di Yogyakarta. Jika kamu menyukai petualangan di alam terbuka, tempat ini wajib masuk dalam daftar kunjunganmu. Dengan ketinggian sekitar 30 meter, air terjun ini menawarkan panorama alam yang spektakuler. Kamu dapat menikmati indahnya air terjun yang jatuh ke dalam kolam hijau yang menyegarkan. Selain itu, area sekitar air terjun ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti jembatan gantung dan perahu bambu untuk menjelajahi Sungai Oya yang mengalir di sekitarnya.

2. Goa Jomblang

Jika kamu menyukai petualangan yang menantang, Goa Jomblang adalah tempat yang cocok untukmu. Goa ini terkenal dengan keindahan alam bawah tanahnya yang masih asri. Kamu akan turun ke goa melalui tali speleologi dan menemukan pesona liarnya. Di dalam Goa Jomblang, ada cahaya surga yang masuk melalui lubang di atap goa yang membuat suasana sangat magis. Jadi, jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang sesuai dan mendapatkan pemandu yang berpengalaman.

3. Tebing Breksi

Tebing Breksi adalah tempat yang menakjubkan untuk mengagumi keindahan batuan kapur yang terbentuk secara alami. Di sinilah kamu bisa melihat berbagai bentuk dan pola yang indah. Selain itu, tempat ini juga menawarkan pemandangan alam yang memukau. Jika kamu suka berfoto, Tebing Breksi akan menjadi latar belakang yang sempurna untuk foto-fotomu. Jangan lupa untuk membawa kamera dan selfie stick!

Rute Perjalanan Menuju Destinasi

Perjalanan ke Air Terjun Sri Gethuk

Untuk mencapai Air Terjun Sri Gethuk, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil di Yogyakarta. Dari Parangtritis, perjalanan akan memakan waktu sekitar 1 jam. Kamu dapat mengikuti rute ini:

  1. Menuju selatan dari Parangtritis dan ikuti Jalan Pantai Samas.
  2. Setelah sekitar 22 km, ambil jalur ke kanan menuju Desa Bleberan.
  3. Dari sana, ikuti tanda-tanda menuju Air Terjun Sri Gethuk.

Jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi, kamu juga dapat menyewa sepeda motor atau menggunakan jasa tur lokal yang menyediakan transportasi menuju air terjun. Pastikan untuk memeriksa keandalan penyedia jasa dan tarif yang mereka tawarkan sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan mereka.

Perjalanan ke Goa Jomblang

Goa Jomblang terletak di Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Dari Parangtritis, kamu bisa mengikuti rute berikut untuk mencapai goa ini:

  1. Menuju timur dari Parangtritis dan ikuti Jalan Raya Samas.
  2. Setelah melalui Pantai Samas, teruskan perjalanan ke arah barat.
  3. Setelah sekitar 35 km, belok ke kanan dan ikuti tanda arah ke Goa Jomblang.

Jalur ini dapat memakan waktu sekitar 1,5 – 2 jam tergantung pada kondisi lalu lintas. Pastikan untuk menggunakan kendaraan yang memadai untuk perjalanan yang cukup jauh ini.

Harga Tiket Masuk

Air Terjun Sri Gethuk

Untuk masuk ke Air Terjun Sri Gethuk, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Selain itu, kamu juga dapat menyewa perahu bambu dengan harga sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000 per orang untuk menjelajahi Sungai Oya yang mengalir di sekitar air terjun.

Goa Jomblang

Untuk menjelajahi keindahan Goa Jomblang, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 500.000 per orang. Tiket ini sudah termasuk peralatan rapel dan asuransi. Jangan kuatir karena ada tim yang berpengalaman yang akan memandu petualanganmu di dalam goa.

Jadi, itulah beberapa destinasi wisata dekat Parangtritis selain pantai yang patut kamu kunjungi. Pastikan untuk merencanakan perjalananmu dengan baik dan menikmati setiap momen di tempat-tempat indah ini. Selamat berlibur, Sobat Traveling!

Jangan lupa membaca juga artikel menarik lainnya seperti:

Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara

Wisata Religi Sunan Ampel

Wisata di Batu Malang

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *