Menjelajahi Keajaiban Candi Borobudur

Menjelajahi Keajaiban Candi Borobudur Menjelajahi Keajaiban Candi Borobudur

Menjelajahi Keajaiban Candi Borobudur, Destinasi Wisata Magelang yang Mempesona

Wisata Magelang Candi Borobudur Yang Menakjubkan

Wisata magelang candi Borobudur yang menakjubkan – Dinasti Sailendra membangun peninggalan Budha terbesar di dunia antara 780-840 Masehi. Dinasti Sailendra merupakan dinasti yang berkuasa pada masa itu. Peninggalan ini dibangun sebagai tempat pemujaan Budha dan tempat ziarah.

Wisata magelang candi Borobudur menjadi tempat yang sangat menakjubkan bahkan menjadi sebuah 7 keajaiban didunia  ini berisi petunjuk agar manusia menjauhkan diri dari nafsu dunia dan menuju pencerahan dan kebijaksanaan menurut Buddha.

Candi Borobudur adalah sebuah Peninggalan ini ditemukan oleh Pasukan Inggris pada tahun 1814 dibawah pimpinan Sir Thomas Stanford Raffles. Area candi berhasil dibersihkan seluruhnya pada tahun 1835.

Borobudur dibangun dengan gaya Mandala yang mencerminkan alam semesta dalam kepercayaan Buddha. Struktur bangunan ini berbentuk kotak dengan empat pintu masuk dan titik pusat berbentuk lingkaran. Jika dilihat dari luar hingga ke dalam terbagi menjadi dua bagian yaitu alam dunia yang terbagi menjadi tiga zona di bagian luar, dan alam Nirwana di bagian pusat.

Alamat Candi Borobudur

Alamat Candi Borobudur: Dusun Borobudur, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.

Akses candi borobudur

Untuk mengakses Candi Borobudur, Anda dapat menggunakan berbagai sarana transportasi seperti berikut:

  1. Kendaraan Pribadi: Anda dapat mengendarai mobil atau motor menuju Candi Borobudur. Dari Yogyakarta, Anda dapat mengikuti Jalan Magelang dan mengarah ke arah utara sejauh sekitar 40 km hingga mencapai Candi Borobudur.
  2. Angkutan Umum: Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti bus atau travel dari Yogyakarta ke Magelang. Setelah itu, Anda bisa menggunakan angkutan kota atau ojek menuju Candi Borobudur.
  3. Wisatawan juga dapat menggunakan layanan tur atau paket wisata yang ditawarkan oleh agen perjalanan atau operator tur di Yogyakarta. Paket-paket ini biasanya mencakup transportasi, tiket masuk, dan pemandu wisata.

Setelah tiba di area Candi Borobudur, Anda dapat memasuki kompleks candi dengan membayar tiket masuk di pintu gerbang. Terdapat juga area parkir yang tersedia untuk kendaraan pribadi.

Tempat Yang Mungkin Bisa Kita Nikmati Didalam Candi Borobudur

Zona 1: Kamadhatu

alam dunia yang terlihat dan sedang dialami oleh manusia sekarang.Kamadhatu terdiri dari 160 relief yang menjelaskan Karmawibhangga Sutra, yaitu hukum sebab akibat. Menggambarkan mengenai sifat dan nafsu manusia, seperti merampok, membunuh, memperkosa, penyiksaan, dan fitnah.

Tudung penutup pada bagian dasar telah dibuka secara permanen agar pengunjung dapat melihat relief yang tersembunyi di bagian bawah. Koleksi foto seluruh 160 foto relief dapat dilihat di Museum Candi Borobudur yang terdapat di Borobudur Archaeological Park.

Zona 2: Rupadhatu

alam peralihan, dimana manusia telah dibebaskan dari urusan dunia. Rapadhatu terdiri dari galeri ukiran relief batu dan patung buddha. Secara keseluruhan ada 328 patung Buddha yang juga memiliki hiasan relief pada ukirannya.

Menurut manuskrip Sansekerta pada bagian ini terdiri dari 1300 relief yang berupa Gandhawyuha, Lalitawistara, Jataka dan Awadana. Seluruhnya membentang sejauh 2,5 km dengan 1212 panel yang sangat langka dan menarik.

Zona 3: Arupadhatu

alam tertinggi, rumah Tuhan. Tiga serambi berbentuk lingkaran mengarah ke kubah di bagian pusat atau stupa yang menggambarkan kebangkitan dari dunia. Pada bagian ini tidak ada ornamen maupun hiasan, yang berarti menggambarkan kemurnian tertinggi.

Serambi pada bagian ini terdiri dari stupa berbentuk lingkaran yang berlubang, lonceng terbalik, berisi patung Buddha yang mengarah ke bagian luar candi. Terdapat 72 stupa secara keseluruhan.

Stupa terbesar yang berada di tengah tidak setinggi versi aslinya yang memiliki tinggi 42m diatas tanah dengan diameter 9.9m. Berbeda dengan stupa yang mengelilinginya, stupa pusat kosong dan menimbulkan perdebatan bahwa sebenarnya terdapat isi namun juga ada yang berpendapat bahwa stupa tersebut memang kosong.

Informasi Mengenai Sebuah Sebuah Pemandangan Ayang Ada Di Dalam Candi Borobudur

Relief

Secara kesulurhan terdapat 504 Buddha dengan sikap meditasi dan enam posisi tangan yang berbeda di sepanjang candi yang merupakan sebuah destinasi yang sangat menarik yang mungkin bisa anda nikmati dengan sebuah keindahan alam yang sangat bagus.

Koridor Candi

Selama restorasi pada awal abad ke 20, ditemukan dua candi yang lebih kecil di sekitar Borobudur, yaitu Candi Pawon dan Candi Mendut yang segaris dengan Candi Borobudur yang merupakan sebuah wisata candi.

Candi Pawon berada 1.15 km dari Borobudur, sementara Candi Mendut berada 3 km dari Candi Borobudur. Terdapat kepercayaan bahwa ada hubungan keagamaan antara ketiga candi tersebut namun masih belum diketahui secara pasti proses ritualnya.

Ketiga candi membentuk rute untuk Festival Hari Waisak yag digelar tiap tahun saat bulan purnama pada Bulan April atau Mei. Festival tersebut sebagai peringatan atas lahir dan meninggalnya, serta pencerahan yang diberikan oleh Buddha Gautama

Ada guyonan di kalangan sopir rental mobil Jogja. Konon, orang Indonesia itu akan mengunjungi Candi Borobudur setidaknya 4 kali seumur hidupnya. Kunjungan pertama ke Candi Borobudur biasanya ketika study tour di sekolah menengah. Kunjungan kedua bersama pacar ketika kuliah. Kunjungan ketiga mengantar orang tua setelah acara wisuda. Kunjungan keempat membawa anak dan istri ketika berlibur ke Jogja

Rute termudah dari Jogja ke Candi Borobudur adalah lewat Jl. Magelang. Kita akan melewati gerbang selamat jalan dari Kota Jogja dan Flyover Jombor. Bila sudah melewati Kali Krasak yang memisahkan Provinsi DI Yogyakarta dan Jawa Tengah berarti kita sudah separuh jalan. Persis di pertigaan Tugu Selamat Datang di Candi Borobudur, belok kiri ke Jl. Raya Borobudur.

Setelah itu tinggal mengikuti petunjuk jalan ke Candi Borobudur dibangun pada abad ke-9, Candi Borobudur sekarang menjadi magnet yang mampu menarik jutaan wisatawan setiap tahun. Bagaimana cara agar bisa naik ke atas candi?

Ada guyonan di kalangan sopir rental mobil Jogja. Konon, orang Indonesia itu akan mengunjungi Candi Borobudur setidaknya 4 kali seumur hidupnya. Kunjungan pertama ke Candi Borobudur biasanya ketika study tour di sekolah menengah.

Kunjungan kedua bersama pacar ketika kuliah. Kunjungan ketiga mengantar orang tua setelah acara wisuda. Kunjungan keempat membawa anak dan istri ketika berlibur ke Jogja. Candi Borobudur memang seperti wisata wajib bagi wisatawan di Jogja. Meskipun letaknya di Magelang, Candi Borobudur bisa dijangkau dalam 1,5 jam saja dengan kendaraan.

Rute termudah dari Jogja ke Candi Borobudur adalah lewat Jl. Magelang. Kita akan melewati gerbang selamat jalan dari Kota Jogja dan Flyover Jombor. Bila sudah melewati Kali Krasak yang memisahkan Provinsi DI Yogyakarta dan Jawa Tengah berarti kita sudah separuh jalan.

Persis di pertigaan Tugu Selamat Datang di Candi Borobudur, belok kiri ke Jl. Raya Borobudur. Setelah itu tinggal mengikuti petunjuk jalan ke Candi Borobudur. area parkir mobil di Candi Borobudur cukup luas dan banyak pohon peneduh. Tarif hari biasa berbeda dengan akhir pekan dan hari libur nasional.

Senin – Kamis

Mobil: Rp10.000

Bus: Rp20.000

Jumat – Minggu, dan Hari Libur Nasional

Mobil: Rp15.000

Bus: Rp25.000

Jam buka dan tiket masuk

Halaman/pelataran Candi Borobudur buka setiap hari pk 07:00 sampai pk 17:00. Waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Borobudur adalah pagi-pagi sekali, saat udara masih segar. Loket tiket buka mulai pk 06:30 hingga 16:30. Namun, kita juga bisa beli tiketnya secara online.

Harga tiket masuk Candi Borobudur adalah Rp50.000 untuk dewasa dan Rp25.000 untuk anak 3-10 tahun. Ada diskon 50% untuk rombongan pelajar/mahasiswa, minimal 20 orang. Bila ingin lebih hemat.

 Disan juga tersedia tiket terusan Candi Borobudur + Candi Prambanan Rp75.000 untuk dewasa dan Rp35.000 untuk anak 3-10 tahun. Tiket terusan ini berlaku 2 hari, jadi masih bisa digunakan keesokan harinya. Tiket terusan Candi Borobudur Ratu Boko juga ada, harga dan ketentuannya sama tanpa perbedaan sedikitpun.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *