Wisma Tumapel Malang

0 311

Lokasi Wisma Tumapel

Bangunan tua yang berlokasi di Jl. Tumapel 01, di dekat Balai Kota Malang, Jawa Timur. 

Wisma Tumapel

Pada tahun 1928, Wisma Tumapel mulai dibangun sebagai Hotel Splendid milik Belanda yang pada saat itu dianggap sebagai hotel yang mewah dan modern. Hotel ini bukan hotel tertua di Kota Malang, tetapi konsepnya adalah terbaru dari beberapa hotel yang lebih dahulu berdiri. Sejak dibangun, hotel ini menjadi hotel pertama yang bangunannya sudah memiliki struktur new indisce (Konsep new indisce yang dimiliki Hotel Splendid adalah hotel yang pertama kali menjual pemandangan alam. Lokasinya persis menghadap Sungai Berantas).

Kemudian pada tahun 1944, ketika Belanda digantikan oleh Jepang, Hotel ini tak lagi menjadi penginapan akan tetapi menjadi sebuah kantor pemerintahan Jepang. Ketika Indonesia sudah merdeka, pada tahun 1950, Wisma Tumapel berganti kepemilikan dan digunakan sebagai wisma dosen dan ruang kelas oleh FKIP Universitas Airlangga Surabaya. Hingga pada akhirnya Wisma Tumapel menjadi milik Universitas Negeri Malang pada tahun 1968.

Sejak tahun 2009, Wisma Tumapel memang sengaja dikosongkan untuk dijadikan sebuah hotel. Akan tetapi rencana tersebut belum terealisasi hingga saat ini karena status kepemilikannya yang tidak jelas menyebabkan para investor mundur secara perlahan.

Buat kalian yang mau berkunjung kesini cukup membayar Rp. 5.000/orang dan menyerahkan KTP atau KTM. Kalian bebas melakukan pemotretan disini, guys. Akan tetapi kalian harus behave, ya. Jangan membuat kegaduhan, teriak-teriak, atau bahkan melakukan hal-hal yang tidak sopan lainnya. Konon katanya yang melakukan kegaduhan atau bicara yang tidak sopan akhirnya diganggu bahkan ketika sudah meninggalkan Wisma Tumapel.

Source Wisma Tumapel Malang Malang
Comments
Loading...