Wisma Timah I Pangkalpinang

0 119

Lokasi Wisma Timah I

Wisma Timah I terletak di Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Wisma Timah I

Pada tahun 1813 Inggris (East India Company) menjadikan Pangkalpinang sebagai salah satu Distrik dari Distrik eksplorasi timah produktif disamping Jebus, Klabat, Sungailiat, Merawang, Toboali, dan Belinyu, sejak itu Pangkalpinang mulai dikenal sebagai kota Timah serta kota pusat perdagangan dan jasa di Pulau Bangka Pada tahun 1913, Pemerintah Belanda memindahkan Ibukota Keresidenan Bangka dari Menthok ke Pangkalpinang, dengan kepindahan tersebut menjadikan kota Pangkalpinang sebagai pusat penambangan timah di Bangka dan pusat Administrasi Negeri (bestuur).

Wisma Timah I pada awalnya adalah rumah dinas pejabat Banka Tin Winning Bedriff (BTW), setelah Ibukota Keresidenan Bangka pindah ke Pangkalpinang. Saat ini bangunan ini dimanfaatkan sebagai hotel/penginapan tamu-tamu, baik hotel/penginapan dari PT. Timah maupun masyarakat umum.

Wisma Timah I merupakan Cagar Budaya Kota Pangkalpinang dengan bangunan satu lantai, dengan atap berbentuk limas, dinding bata, lantai tegel kuning bermotif. Pintu dan jendela dibuat dari kayu dan kaca bangunan utama memiliki satu ruang tamu, ruang keluarga, dan empat kamar tidur (satu kamar tidur utama). Dapur dan bangunan untuk kamar pembantu/sopir terpisah dari bangunan utama dihubungkan selasar. Kondisi bangunan terawat dengan baik, belum banyak perubahan, kecuali penambahan ruang penerima tamu pada bangunan kamar pembantu dan sopir sebagai fasilitas tambahan penginapan.

Source Wisma Timah I Pangkalpinang Bangka Belitung
Comments
Loading...