situsbudaya.id

Wisma Menumbing Bangka Belitung

0 29

Lokasi Wisma Menumbing

Wisma Menumbing terletak di Bukit Menumbing, Kecamatan Mentok, Bangka Barat, Bangka Belitung.

Wisma Menumbing

Di puncak bukit ini terdapat Wisma Menumbing atau Pesanggerahan Menumbing yang merupakan tempat pengasingan mantan presiden Indonesia, Soekarno. Wisma ini memiliki satu bangunan utama dengan beberapa fasilitas umum lainnya. Bangunan tersebut dibangun pada masa penjajahan Belanda, sekitar tahun 1928 -1933. Berdasarkan informasi yang tertulis pada kamar 102 di wisma Menumbing, inilah tempat Soekarno, Muhammad Hatta, Mr. Ag. Pringgodigdo, Komodor Surya Darma dan Mr. Assa’at diasingkan sejak tanggal 22 Desember 1948 hingga 7 Juli 1949.

Di dalam Wisma Menumbing ini terdapat ruangan rapat yang lumayan luas, walaupun kursi dan mejanya sudah tidak asli. Selain itu, ada juga mobil Ford yang pernah di gunakan oleh Ir. Soekarno.

Wisma Menumbing ini juga ada kamar tempat bekerja dan tidur Ir. Soekarno di wisma tersebut. Sedangkan, di teras wisma terdapat sebuah lonceng tua yang diikat di sisi tembok. Konon sejarahnya lonceng ini dahulu biasa dibunyikan untuk memanggil tentara Belanda untuk berkumpul. Lalu, di luar ruangan juga terdapat tempat Bung Karno menulis dan membaca. pada kamar terdapat satu kamar mandi, lemari dan lain-lain.

Source Wisma Menumbing Bangka Belitung Bangka Belitung
Comments
Loading...