Wisata Rohani Buluh Awar

0 63

Wisata Rohani Buluh Awar

Berlokasi di Desa Buluh Awar, Kecamatan Sibolangit, kabupaten Deli Serdang, sekitar ±2 jam dari kota Medan. Terdapat Gereja Buluh Awar peninggalan sejarah bagi orang karo khususnya beragama kristen protestan. Perjalanan ke lokasi ini dapat di tempuh dengan perjalanan berkelok dan mendaki kira-kira 10km masuk ke dalam dari jalan lintas Medan-Berastagi. Di desa inilah pertama kali penyebaran injil kepada suku karo, yang kemudian menyebar ke semua suku karo di Sumatera Utara. Pada tahun 1890, seorang pendeta yang bernama H. C Kruyt membangun sebuah gereja GBKP (Gereja Batak Karo Potestan). Gereja ini merupakan gereja yang pertama kali dibangun di wilayah Sumatera Utara.

Gereja ini merupakan gereja yang pertama kali dibangun di wilayah Sumatera Utara. Gereja tua itu kini sudah menjadi Museum. Di dalam gereja dapat kita temukan poto-poto dan biografi singkat tentang pendeta yang pernah mengabdi di Desa Buluh Awar, dan foto beberapa tokoh adat di Desa Buluh Awar. Selama perjalanan menuju lokasi ini, kita akan di suguhkan dengan pemandangan hutan yang merupakan Taman Keragaman Hayati Kabupaten Deli Serdang yang di tetapkan melalui keputusan bupati Deli Serdang No.1079 tahun 2015 sebagai taman Keanekaragaman Hayati Sibolangit seluas ± 442ha, di desa rumah sumbul, rumah kinangkung dan di Desa Buluh Awar Kecamatan Sibolangit.

Source http://disporabudpar.deliserdangkab.go.id http://disporabudpar.deliserdangkab.go.id/project/wisata-rohani-buluh-awar/
Comments
Loading...