situsbudaya.id

Watu Kelir Gerbang Masuk Kompleks Percandian Dieng

0 62

Watu Kelir

Watu Kelir adalah istilah lokal untuk menyebut struktur dinding batu pada tebing bukit yang terletak di sebelah kiri jalan masuk ke Dataran Tinggi Dieng dari jurusan Wonosobo. Disebut watu kelir (tirai batu) karena dindig ini tersusun dari balok-balok batu yang membentuk dinding seperti sebuah tirai yang tinggi dan rapi.

Peninggalan ini adalah bagian yang tidak terpisahkan dengan peninggalan-peninggalan di Dataran Tinggi Dieng, karena Watu Kelir merupakan gerbang masuk menuju kompleks Percandian Dataran Tinggi Dieng. Berbeda dengan sekarang, yang dapat disaksikan sebagai jalan masuk ke tempat ini adalah jalan aspal yang membelah bukit dari jurusan Wonosobo. Semua jenis kendaraan bermotor dengan mulus dapat memasukinya.

Pada jaman dahulu, orang harus berjalan kaki dari arah Tuk Bima Lukar mendaki bukit dan turun melalui tangga batu yang ada pada Watu Kelir Tersebut. Dapat dibayangkan betapa susahnya orang untuk memasuki kompleks Dataran Tinggi Dieng. Semua itu merupakan sebuah rangkaian dalam menjalankan sebuah pemujaan kepada Dewa mereka yang dilandasi dengan keiklasan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/watu-kelir-gerbang-masuk-kompleks-percandian-dieng/
Comments
Loading...