Waterleiding Cibadak Bandung

0 97

Lokasi Waterleiding Cibadak

Waterleiding Cibadak terletak di dekat Terminal Angkot Ledeng, Cibadak, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Waterleiding Cibadak

Pada tahun 1920an, tepatnya kawasan yang sekarang dikenal bernama Ledeng ini awalnya bernama kampung Cibadak. Secara epistimologi, nama ‘Cibadak’ berarti ‘Cai Badag’ atau air yang melimpah. Pelafalan kata ‘badag’ seperti lazimnya pengucapan dalam melafalkan kata atau kalimat yang sulit diucapkan oleh lidah orang Sunda, diucapkan menjadi ‘badak’.

Oleh pemerintah Hindia, sumber mata air yang melimpah dari tempat ini dibuatkan bangunan pelindung, kemudian disadap dan dialirkan melalui saluran pipa-pipa besar yang ditanam di dalam tanah. Pipa-pipa saluran air berukuran besar inilah kemudian menjadi awal mula munculnya nama Ledeng yang diambil dari bahasa Belanda, leiding yang artinya pipa saluran. Sampai sekarang pipa-pipa yang tertanam itu masih ada dan digunakan sebagai alat instalasi saluran distribusi air di kota Bandung.

Pada tahun 1920an oleh Gemeente Bandoeng seluruh sumber air dikawasan ini dipelihara dengan dibangun benteng dan dibuatkan bangunan pelindung yang kemudian oleh warga sekitar disebut Gedong Cai, yang kemudian pada 1921 diresmikan oleh Walikota Bandung tempo doeloe, Bertus Coops. Sejak itu warga Cibadak kemudian memanfaatkan sumber mata air dari tempat ini untuk keperluan hidup sehari-hari.

Selain mata air Cibadak, disekitar kawasan ini juga masih terdapat beberapa sumber mata air lain yang lokasinya tidak jauh dari sumber mata air Cibadak, diantaranya Cidadap dan Cikendi. Masih dalam tradisi tutur lisan orang Sunda, kata ‘Cidadap’ berarti ‘air yang disadap’. Begitu juga dengan nama Cikendi yang sudah dipastikan tentang suatu kawasan yang masih ada hubungannya dengan air. Ingat, kendi adalah wadah atau bejana tempat menyimpan air yang biasanya terbuat dari keramik atau tanah liat.

Source https://catatansamping.wordpress.com/ https://catatansamping.wordpress.com/2015/05/12/waterleiding-tjibadak-ledeng/
Comments
Loading...