Warung Boto Yogyakarta

0 332

Lokasi Warung Boto

terletak di tengah kota Warung Boto tepatnya di Jalan Veteran No. 77 Umbulharjo Yogyakarta.

Warung Boto

Warungboto sebuah pesangrahan Sultan Hamengku Buwono II yang dibuat untuk taman air yang sangat privat saat itu. Warung boto yang kini telah di kelolah untuk tempat wisata dengan nama Pesanggrahan Rejawinangun.

Situs Warung Boto yang dulunya merupakan pesangrahan sebuah pemandian, karna pada saat itu terdapat sebuah umbul / sebuah mata air menurut ujar KRT Jatiningrat. Warung Boto sebelum di renovasi reruntuhan bangunan peninggalan sultan Hamengku Buwono II yang di jadikan sebuah pesanggrahan. Berdasarkan data dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta pesanggrahan ini di buat untuk tempat peristirahatan keluarga kerajaan.

Pesanggrahan di bangun pada tahun 1785 masehi dan merupakan karya putra mahkota yaitu KGPAA Hamengkunegara, yang kemudian naik takhta bergelar Sri Sultan Hamengku Buwono II. Situs ini berada di selatan kebun binatang Gembira Loka. yang berada di jalan Veteran, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta.

Warung Boto ini kini telah direnovasi menjadi sebuah bangunan yang bersih dan bisa di jadikan salah satu destinasi wisata budaya di jogja. Taman air warung boto ini telah di buka untuk umum mulai pertengahan tahun 2016 dengan ada nya bangunan ini bertambah pula destinasi wisata yang berada di Jogja. Jika anda berkunjung ke tempat wisata perlu di ingatkan agar selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar situs warung boto ini agar tetap terjaga kelestarian situs budaya. Jogja memang terkenal sebagai kota budaya dan banyak memiliki situs budaya jadi tidak ada salahnya kota Jogja disebut sebagai kota budaya yang bersejarah.

Jika anda tertarik berwisata dan foto-foto di situs Warung Boto, harus menaati sejumlah aturan yang ada, yakni dilarang memanjat bangunan situs untuk menjaga kebersihan dan dilarang mencoret-coret tembok situs.

Source Warung Boto Yogyakarta Yofyakarta
Comments
Loading...