Waruga Tololiu Palar, Peninggalan Bersejarah di Kota Tomohon

0 37

Waruga Tololiu Palar, Peninggalan Bersejarah di Kota Tomohon

Waruga Tololiu Palar terletak di pusat Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, tepatnya di tepi Jalan Sam Ratulangi dekat tugu bundaran patung Opo Dotu Tololiu Tua.

Peninggalan bersejarah ini berbatasan dengan Jalan Tomohon – Manado di utara, sedangkan arah Selatan berbatasan dengan Pertokoan, arah timur berbatasan dengan Jalan Tomohon- Manado, dan arah Barat berbatasan dengan Rumah Penduduk.

Pada bagian badan Waruga Tololiu Palar berbentuk segi empat yang terletak bagian bawah dan memiliki sebuah penutup yang terletak di bagian atas menyerupai bentuk atap dengan bentuk segitiga. Beberapa bentuk relief yang terdapat di bagian penutup waruga berupa relief manusia yang bergandeng tangan, relief ini terdapat di setiap sisi bagian penutup waruga dengan jumlah enam buah.

Sedangkan di bagian badan waruga terdapat inskripsi yang berbunyi “I jajat u santi pakatuan wo pakalawiren”. Sisi kanan waruga (dari arah pintu masuk), terdapat satu buah batu persegi panjang yang diletakkan berdiri dan di bagian depan permukaan batu tersebut terdapat inskripsi yang berbunyi “Palar Hm Tua 1875”.

Berdasarkan informasi dari sejumlah masyarakat yang berada disekitar lokasi tersebut, menyatakan waruga tersebut dipindahkan pada tahun 1971 oleh Gubernur Sulawesi Utara saat itu, H.V. Worang dari tempat semula yang disebut Desa Nawanua.

Waruga tersebut telah dibuatkan pagar keliling dari bahan BRC (The British Reinforced Concrete Engineering) dan bagian dinding belakang pagar pelindung dibuatkan relief wajah-wajah para tokoh adat dari leluhur bagi masyarakat Minahasa Tombulu di masa lalu.

Source https://sportourism.id https://sportourism.id/adventure-travel/waruga-tololiu-palar-peninggalan-bersejarah-di-kota-tomohon-yang-terjangkau
Comments
Loading...