Waduk Manggar Balikpapan

0 207

Waduk Manggar Balikpapan

Waduk Manggar adalah sebuah waduk yang terletak di wilayah Keluarah Karang Joang, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia. Waduk yang dibangun oleh perusahaan Belanda Iwako pada tahun 1982 ini telah mengalami 3 kali pembangunan yaitu pada tahun 1985, 1991 dan 2006. Waduk ini memiliki luas 500 Ha dengan daya tampung sebesar 16,3 Juta meter per detik. Waduk Manggar dibangun dengan membendung Sungai Manggar. Waduk Manggar digunakan sebagai penyuplai air baku oleh Perusahaan Air Minum Negara (PDAM) Kota Balikpapan untuk memenuhi air bersih di wilayah Kota Balikpapan.

Apalagi di sekitar Waduk tedapat camping ground serta lokasi outbond yang mengasyikkan. Tak kalah menarik adalah permainan paintball. Dengan lokasi yang cukup luas dan kontur penuh tempat persembunyian, bermain tembak-tembakan ala game counter strike bisa menghilangkan stress. Permainan ini bisa dinikmati dengan biaya 250 ribu perorang yang sudah lengkap mendapatkan baju pelindung, dan perlengkapan paintball.

Selain sebagai sumber air bersih, Waduk Manggar juga merupakan habitat berbagai spesies. Berbagai burung seperti Pecuk Ular (Anhinga melanogaster), Blue-throated Bee-eater (Merops Viridis), Blue-tailed Bee-eatre (Merops phillipinus), Brahminy Kite/Red Backed Sea-eagle (Haliastur indus), dan berbagai burung-burung kecil seperti sunbird. Anda bisa melakukan study mengenai keanekaragaman hewan yang ada di Waduk, anda juga bisa berfoto bersama teman dengan menjelajahi Waduk Manggar ini.

Beberapa komunitas bersepeda kota balikpapan seperti GOBRAY sering melakukan perjalan gowes ke lokasi terpencil dan tembus ke dalam Waduk Manggar. Ada pula komunitas jeep, dan komunitas memancing yang menggunakan Waduk Manggar sebagai lokasi berkumpul. Namun ada satu larangan yang wajib untuk di hindari bagi warga atau wisatawan yang berkunjung kelokasi ini. Anda dilarang untuk berenang di Waduk.

Source http://visitkaltim.id http://visitkaltim.id/attraction/waduk-manggar-balikpapan
Comments
Loading...