Waduk Cipancuh Indramayu

0 182

Lokasi Waduk Cipancuh

Waduk Cipancuh terletak di Situraja, Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45264.

Waduk Cipancuh

Waduk Cipancuh (juga dinamai Situ Cipancuh atau Bendungan Cipancuh) adalah sebuah waduk/bendungan yang terletak di desa Situraja, Kecamatan Gantar, Indramayu, Jawa Barat. Waduk yang memiliki luas area 700 hektare ini dibangun pada tahun 1927 oleh pemerintah Hindia Belanda dan pernah mengalami rekonstruksi tanggul pada tahun 1972. Wadukan adalah sebutan yang lebih sering digunakan oleh masyarakat setempat untuk menyebut lokasi ini.

Fungsi Waduk Cipancuh

Waduk Cipancuh mempunyai manfaat yang cukup besar bagi masyarakat sekitar. Fungsi utama waduk ini adalah untuk menampung air pada musim hujan dan mengalirkannya ke sungai irigasi disekitarnya. Kapasitas air di waduk ini mencapai jutaan meter kubik.

Jangkauan sistem irigasi yang berasal dari waduk ini mencakup area persawahan di 5 kecamatan di Indramayu Barat (Gantar, Haurgeulis, Kroya, Anjatan dan Bongas). Ketika musim kemarau, beberapa penduduk sekitar juga memanfaatkan lahan kosong dipinggiran waduk untuk bercocok tanam. Permukaan tanah yang tetap lembab menjadikan area dipinggiran waduk tetap subur dan cocok untuk kegiatan pertanian.

Selain fungsi utamanya sebagai sumber pengairan untuk irigasi pertanian, Waduk Cipancuh juga dikenal karena keindahan panorama alamnya. Posisi tepian waduk yang berada diatas area pesawahan masyarakat menjadikan daya tarik sendiri, ditambah pemandangan hamparan air yang luas dengan latar belakang Gunung Tampomas dan Pegunungan Tangkuban Parahu – Burangrang dari kejauhan. Masyarakat di wilayah Haurgeulis – Gantar biasa mengunjungi tempat ini pada waktu sore hari hingga menjelang matahari terbenam untuk melihat pemandangan sunset.

Source Waduk Cipancuh Indramayu Jawa Barat
Comments
Loading...