Villa Merdeka Bukittinggi

0 34

Villa Merdeka

Villa Merdeka berada di Jalan dr. A. Riva’i No. 20, Kelurahan Kayu Kubu, Kecamatan Guguak Panjang. Dibangun pada tahun 1922 dengan nama Villa Wilhelmina. Penamaan Villa Merdeka ini didapat dari Presiden Sukarno saat villa ini dimiliki oleh keluarga Emma Anwar yang sebelumnya merupakan tempat tinggal orang Belanda. Sampai sekarang villa ini masih berfungsi sebagai penginapan. Lokasi vila ini berada di sebelah kiri atau barat dari Gedung RRI Lama.

Villa Merdeka terdiri atas dua bangunan yang masing-masing di tempati sebagai rumah tinggal dan rumah penginapan (bangunan utama). Bangunan utama merupakan bangunan yang terbuat dari bata berspesi, pada puncak atap terdapat dua buah struktur seperti cerobong namun diberi atap pada bagian puncaknya.

Struktur atap berbentuk limas dan terbuat dari genteng. Interior bagian dalam terdiri atas 4 buah kamar, ruang tamu, dan ruang keluarga. Kemudian plafon terbuat dari kayu dan lantai dari tegel yang berukuran besar dengan warna hitam coklat. Luas bangunan ini adalah 227 m².

Source http://bukittinggiheritage.blogspot.com http://bukittinggiheritage.blogspot.com/2017/10/22-villa-merdeka.html
Comments
Loading...