Vihara Thay Hin Bio Lampung

0 146

Lokasi Vihara Thay Hin Bio

Vihara Thay Hin Bio terletak di Jalan Ikan Kakap No. 35, Pesawahan, Teluk Betung Selatan, Pesawahan, Bandar Lampung, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Vihara Thay Hin Bio

Vihara Thay Hin Bio dulunya adalah sebuah cetiya . Sejarah panjangnya bermula ketika orang dari Tiongkok bernama Po Heng datang membawa patung Dewi Kwan Im pada tahun 1850. Patung tersebut menarik perhatian masyarakat, sehingga muncul gagasan untuk membangun tempat ibadah yang dapat digunakan bersama – sama. Akhirnya, pada tahun yang sama, masyarakat sekitar bersama – sama membangun cettiya yang diberi nama Avalokiteswara.

Cettiya Avalokiteswara dulu dibangun di tempat yang sekarang menjadi lokasi gudang agen. Karena banjir akibat letusan Krakatau tahun 1883, bangunannya rusak, sehingga patung sang Dewi harus dipindahkan. Pemindahan patung dilakukan oleh Po Heng. Ia membawa patung tersebut ke tempat yang disebut “tanjakan residen”. Tiga belas tahun kemudian yaitu pada 1896, cettiya yang baru didirikan di tempat ini. Cetiya tersebut diberi nama Kuan Im Thing atau persinggahan Dewi Kuan Im.

Pembangunannya dibiayai oleh masyarakat. Mereka menggalang dana kemudian menyerahkannya pada Yayasan Mahopadi. Yayasan inilah yang kemudian membangun cettiya Kuan Im Thing. Tanggal 1 Oktober 1898, pemerintah Belanda mengeluarkan izin bangunan. Sejak itu, jalan di depan cettiya disebut jalan Kelenteng. Dua puluh satu tahun kemudian, tepatnya pada 1927, beberapa orang dikirim ke Tiongkok untuk memohon bhikhu atau bhiksu. Hal ini ditanggapi positif, Tiongkok mengutus Bhikhu Sek Te Thi untuk mengajarkan Dharma Buddha dan membimbing upacara doa.

Kedatangan Bikkhu Sek Te Thi menarik perhatian pengunjung. Dari waktu ke waktu jumlah pengunjung cettiya semakin banyak, sehingga bangunannya harus direnovasi. Tahun 1963 cettiya Kwan Im Thing direnovasi. Renovasi selesai dilakukan tahun 1967, terhambat karena pemberontakan G30S / PKI tahun 1965. Pasca renovasi, cettiya berganti nama menjadi Vihara Thay Hin Bio yang berarti vihara yang besar dan jaya.

Source Vihara Thay Hin Bio Lampung lampung
Comments
Loading...