Vihara Hut Cho Kong

0 27

Vihara Hut Cho Kong

Vihara ini di bangun pada tahun 1898 oleh etnis Tionghoa. Setiap tanggal 1 – 15 berdasarkan perhitungan kalender Tionghoa vihara ini selalu ramai di kunjungi para jemaatnya untuk melaksanakan ibadah. Menurut Ali (penjaga Vihara) dua kali setahun yaitu tanggal 3 Maret dan 9 September kalender Tionghoa dari pagi sampai malam vihara ini sangat ramai kunjungi oleh umat Buddha untuk memperingati Dewa Hut Cho Kong (Hian Tien Sang).

Vihara ini cukup mengagumkan dimana warna warni berpadu sehingga terkesan sangat mewah. Kalau kita sedikit kilas balik tentang keberadaan Vihara di dalam Kesultanan Serdang maka perlu dilihat hubungan antara Raja-raja Kerajaan Deli dan Serdang yang dahulu bernama “Haru” dengan Kaisar yang ada di Tiongkok. Pada tahun 1412 Kaisar Yung Lo dari Tiongkok pernah mengutus Laksamana Cheng Ho untuk mengunjungi Haru dan pada tahun berikutnya Sultan yang berkuasa saat itu juga mengirim misinya ke Tiongkok sebagai kunjungan kekerabatan.

Source http://harian.analisadaily.com http://harian.analisadaily.com/pariwisata/news/peninggalan-kerajaan-yang-menjadi-objek-wisata-religi/36310/2014/06/08
Comments
Loading...