Vihara Gunung Timur Medan

0 346

Lokasi Vihara Gunung Timur

Vihara Gunung Timur terletak di Jl. Hang Tuah No.16, Madras Hulu, Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara 20151.

Vihara Gunung Timur

Vihara Gunung Timur merupakan Kelenteng Tioghoa (Taoisme) terbesar di Kota Medan bahkan di Sumatera. Bahkan tak menutup kemungkinan kalau klenteng ini merupakan klenteng terbesar di seantero Sumatera. Keberadaan klenteng ini pun menyandingi Masjid Raya Medan dan Graha Maria Annai Velangkanni sebagai ikon kota Medan.

Seperti halnya klenteng di tempat lain, Vihara Gunung Timur ini merupakan sebuah klenteng yang hadir dengan desain arsitektur tradisional Cina. Vihara ini memiliki luas setengah hektar atau 5000 m2. Kelenteng ini dibangun pada tahun 1930-an. Vihara ini menghadap ke Sungai Babura karena menurut kepercayaan (Fengshui) mereka mampu membawa kemakmuran. Vihara Gunung Timur ini merupakan tempat ibadah umat Budha sehari-hari. 

Umumnya umat Budha bersembahyang ke vihara ini setiap hari. Vihara ini juga untuk acara ritual lainnya dalam Agama Budha seperti memperingati hari Ulang Tahun SIDHARTA GAUTAMA, Perayaan Imlek dan sebagainya.

Vihara Gunung Timur dalam bahasa mandarinnya yaitu Tong Yuk Kuang memilki bentuk bangunan yang khas, halaman vihara pun sangat luas, dapat menampung ratusan kendaraan roda empat. Diatas atap Vihara terdapat patung naga yang saling berhadapan dan dibelakangnya terdapat patung Ikan raksasa berkepala Naga juga. Tepat di depan vihara juga terdapat patung-patung besar yaitu patung Singa hitam dan Putih.

 

Source Vihara Gunung Timur Medan Medan
Comments
Loading...