Vihara Dharma Bakti Sei Kakap

0 65

Vihara Dharma Bakti Sei Kakap

Vihara Dharma Bakti yang terletak di Tengah Laut, Desa Sei Kakap, Kecamatan Sei Kakap, Kabupaten Kubu Raya ini dibangun pada tahun 1975.

Awalnya bangunan Vihara ini didirikan pada tahun 1970, yang saat itu masih merupakan sebuah bangunan Bagan tempat menangkap ikan, dan oleh Nelayan Tionghoa dibuatkan tempat bersembahyang berukuran kecil. Kemudian pada tahun 1973, oleh umat Tao setempat berinisiatif memperlebar dengan membangun Vihara di tengah lautan lepas, berukuran 20×20 meter menghadap ke arah Timur atau arah terbitnya matahari.

Proses pembangunan memakan waktu kurang lebih dua tahun karena bahan bangunan untuk mendirikan pondasi Vihara harus diangkut satu-satu menggunakan perahu klotok dari dermaga Sei Kakap menuju ke Tengah laut yang jaraknya sekitar lebih kurang 6 km.

Vihara Dharma Bakti ini mempunyai 4 ruangan, masing-masing pintu ruangan berhiaskan lukisan Dewa, diantaranya Dewa Qin Qiong, Dewa Yuchi Gong, dan Yu Lei. Dewa utama Vihara ini adalah Guan Yu atau dikenal dengan sebutan Kwan Kong (Satya Kalama).

Bagi para nelayan setempat saat malam hari, bangunan Vihara Dharma Bakti menjadi salah satu petunjuk arah keberadaan muara Sungai Kakap.

Bangunan Vihara Dharma Bakti ini, dibuat dari kayu belian yang sangat kuat. Atap bangunan berwarna merah sementara dinding kayu dicat warna biru.

Pintu bagian depan berhiaskan sepasang Burung Phionix, sedangkan pintu belakang berhiaskan sepasang Naga. Didalam bangunan Vihara terdapat ruang tamu dan enam tempat tidur bersusun untuk tamu. Selain itu, pada sisi kanan juga terdapat dapur dan di belakangnya ada toilet.

Source http://www.harianinhuaonline.com http://www.harianinhuaonline.com/vihara-pontianak-dan-kubu-raya-alternatif-wisata-religi/
Comments
Loading...