Vihara Dhanagun

0 7

Vihara Dhanagun

Vihara Dhanagun nerupakan sebuah cagar budaya yang ada di kota Bogor. Nama lengkap dari vihara (atau klenteng menurut sebagian warga Bogor) adalah Vihara Mahacetya Dhanagun. Sering pula disebut dengan Vihara/Klenteng Hok Tek Bio yang berarti “Tempat Kebijakan Dewa” (Hok = Dewa, Tek = Kebijakan, Bio = Tempat). Yang manapun yang dipakai semua nama tersebut merujuk pada vihara ini.

Vihara Mahacetya Dhanagun merupakan sebuah tempat ibadah yang sampai hari ini masih aktif bagi 3 agama atau aliran kepercayaan (istilah manapun yang pembaca mau pakai). Para penganut Tao, Konghucu (Konfusianis) dan Budha menggunakan tempat ini untuk melakukan ritual mereka.

Keberadaan Vihara Dhanagun ini sebenarnya sudah sangat lama di Bogor. Hanya karena kebijakan represif dari pemerintahan orde baru membuat namanya jarang terdengar sebelum tahun 1998. Ironisnya kalau saja ada mesin waktu maka mungkin kita akan menemukan bahwa vihara inipun sebenarnya merupakan hasil dari sebuah tindakan represif pula.

Hanya saja bagi warga Bogor atau bahkan Indonesia, Vihara Dhanagun sempat menghilang selama kurang lebih 32 tahun. Pada masa pemerintahan orde baru, keluar sebuah kebijakan , lagi-lagi bersifat represif dan diskriminatif terhadap etnis Cina/Tionghoa. Akibat pemberontakan Partai Komunis Indonesia, pemerintah Orde Baru memutuskan hubungan dengan berbagai negara dari Blok Timur yang beraliran komunis. Satu diantara negara tersebut adalah Republik Rakyat Cina.

Efek samping dari kebijakan ini adalah diaspora etnis Cina yang ada di Indonesia terkena imbasnya. Berbagai macam cara dilakukan untuk menekan etnis Cina di Indonesia . Penekanan itu disegala sisi termasuk diantaranya adalah pelarangan untuk melakukan berbagai kegiatan budaya dan kepercayaan secara terang terangan. Hal ini mengakibatkan berbagai kegiatan di Vihara Dhanagun di masa itu juga lebih banyak dilakukan dibalik tembok bisu. Vihara Dhanagun pun “tenggelam” untuk masa yang cukup lama, yaitu 32 tahun sepanjang berkuasanya pemerintahan Orde Baru.

Source http://www.lovelybogor.com http://www.lovelybogor.com/vihara-dhanagun-bogor/
Comments
Loading...