Vihara Dewi Kwan Im Belitung Timur

0 56

Monumen Nol KilometerLokasi Vihara Dewi Kwan Im

Vihara Dewi Kwan Im terletak di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Belitung Timur.

Vihara Dewi Kwan Im

Vihara Dewi Kwan Im merupakan obyek wisata sejarah, karena memang bangunan Vihara Dewi Kwan Im memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi bagi warga Pulau Belitung. Ruang utama Vihara Dewi Kwan Im Belitung Timur yang luas. Di depan ruang ini ada balkon dengan pemandangan yang indah ke arah laut. Bangunan utama vihara berada pada sisi kiri area, dengan dua altar lagi ada pada dua bangunan terpisah di sisi kanan. Bangunan khas Tiongkok bersegi enam di kanan depan diperuntukkan untuk memuja Dewa Langit.

Bentuk pagoda bergaya khas Tiongkok memang tidak selalu bersegi delapan (pat-kwa), namun ada juga yang bersegi empat dan bahkan berbentuk lingkaran. Untuk mencapai ruang utama Vihara Dewi Kwan Im Belitung Timur, sebelumnya saya melangkahkan kaki ke ujung kiri kompleks lalu menapaki satu persatu anak tangga berjumlah 73 buah. Sesampainya di atas saya disapa seorang pria bernama Akhun (50 tahun), pengurus Vihara Dewi Kwan Im. Tidak ada catatan kapan berdirinya Vihara Dewi Kwan Im Belitung Timur, namun Akhun mengatakan bahwa sudah ada pengurus vihara sejak 1747, jauh sebelum migrasi orang Tionghoa ke Belitung yang dibawa Belanda untuk mengeruk Timah dari tanah Belitung.

Patung Dewi Kwan Im yang konon memiliki aura mistis di altar utama Vihara Dewi Kwan Im Belitung Timur. Patung Dewi Kwan Im yang dipercaya bisa menyelamatkan manusia ini ditemukan oleh seorang Tionghoa yang didatangkan Belanda untuk menambang Timah ketika menjaring ikan di laut. Tidak diketahui nama pekerja itu dan dari propinsi mana ia berasal.

Di dalam Vihara Dewi Kwan Im Belitung Timur juga ada lukisan Dewi Kwan Im tengah duduk di atas teratai, dan sejumlah patung Dewi Kwan Im yang kebanyakan memegang botol labu di tangan kirinya. Sebagian nyala lilin telah diganti bohlam lampu kecil dan dua buah pelita minyak yang selang buangan kelebihan minyaknya terlihat menjuntai ke bawah.

Source Vihara Dewi Kwan Im Belitung Timur Bangka Belitung
Comments
Loading...