Vihara Bio Dewa Rejeki

0 11

Vihara Bio Dewa Rejeki

Berbagai ornamen yang menunjukkan budaya kaum Tionghoa di tanah Bogor terlihat unik. Apalagi kalau ditambahkan bahwa vihara ini sudah ada sejak Belanda pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia, alias sejak 400 tahun yang lalu.

Kesemuanya membuat ornamen-ornamen dan alat sembahyang yang ada di Vihara Bio Dewa Rejek ini luar biasa memukau. Kalau saja tidak tercium semerbak bau hio di dalam ruangan, mungkin saya sudah merasa berada di dalam sebuah museum dibandingkan tempat ibadah. Selain lilin-lilin raksasa berukuran setinggi lebih dari satu meter ada beberapa ornamen-ornamen lain yang menarik. Beberapa sudah disebutkan di awal beserta fotonya, seperti patung singa, pagoda.

Di bagian belakang ruang sembahyang utama Vihara Bio Dewa Rejeki, terdapat sebuah ruang lagi yang terasa lebih luas karena ornamen dan perlengkapannya lebih sedikit. Di dalamnya terdapat berbagai altar persembahan bagi beberapa dewa lain.

Memang berdasarkan penuturan penjaga vihara, disebutkan bahwa bangunan ini sudah berusia 400 tahun. Hal tersebut berarti vihara ini lebih tua usianya dibandingkan dengan Vihara Mahacetya Dhanagun atau Hok Tek Bio di Jalan Suryakencana Bogor. Padahal vihara Hok Tek Bio itu disebut sebagai vihara tertua di Bogor.

Source http://www.lovelybogor.com http://www.lovelybogor.com/vihara-bio-dewa-rejeki-chen-it-thin-kun-bogor/
Comments
Loading...