Veilbox Leato Gorontalo

0 28

Veilbox Leato

Veilbox Leato terletak di Jalan Martadinata, Kelurahan Leato, Kecamatan Kota Timur, Provinsi Gorontalo. Veilbox yang dibangun oleh penjajah Jepang dulu berfungsi sebagai bangunan pertahanan.

Veilbox rata-rata berbentuk selinder dengan struktur dari beton bertulang, tinggi Veilbox adalah ±2,5 m dan diameter 1,96 cm ketebalan dinding 90 cm. Veilbox memiliki 3 (tiga) buah jendela pengintai dengan ukuran masing-masing 35 cm x 15 cm, dan terdapat satu buah pintu dengan ukuran 80 cm x 50 cm.

Namun keberadaan Veilbox dirusak, karena saat ini jendela dan pintu sudah ditutup/plester semen dan digunakan sebagai tempat penampungan air. Bangunan Veilbox terletak di pesisir pantai dan diatas bukit, sehingga sangat cocok untuk dijadikan benteng pengintaian, terutama terhadap musuh yang masuk dari perairan selatan (teluk Tomini) Gorontalo.

Di area situs Veilbox terdapat juga mercusuar yang masih berfungsi sampai sekarang. Mercusuar ini di bangun oleh Belanda yang berfungsi untuk tanda bagi kapal yang keluar masuk pelabuhan Gorontalo. Pada bagian tiang mercusuar terdapat tulisan yang berbunyi YOUNCE & CILL CRISSEESCHE WEC.

Batas-batas dari situs ini di sebelah Utara bangunan berbatasan dengan bukit, sebelah Selatan Teluk Tomini, sebelah Timur rumah penduduk, dan sebelah Barat rumah penduduk.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/tinggal-satu-bangunan-pertahanan-jepang-di-kota-gorontalo/
Comments
Loading...