Universitas Pancasakti, Satu Lagi Karya Henri Maclaine Pont

0 63

Universitas Pancasakti, Satu Lagi Karya Henri Maclaine Pont

Jawa Tengah banyak tinggalan bangunan kolonial. Bangunan-bangunan ini bervariasi gayanya. Ada yang cukup sederhana adapula yang yang megah dan rumit. Beberpa bangunan-bangunan ini juga didesign oleh arsitek kenamaan. Salah satu arsitek ini adalah Henri Maclaine Pont. Karya masterpiecenya telah tersebar di pulau Jawa.

Salah satu karya arsitek legendaris ini adalah Bangunan Universitas Panca sakti di Tegal. Bangunan ini beralamat di Jalan Pancasila Nomor II Tegal. Propinsi Jawa Tengah. Sampai sekarang bangunan ini difungsikan untuk kegiatan perkuliahan dibawah pengelolaan Universitas Pancasakti.

Bangunan ini dahulu digunakan sebagai kantor Semarang Cheribon Stoomtrammaatschappij yang dirancang pada tahun 1910 oleh arsitek Henri Maclaine Pont. Henri Maclaine Pont memakai gaya arsitektur modern dengan bentuk kubus, gabel horisontal, atap datar dengan warna dominan putih. Sejak tahun 1980 bangunan ini digunakan untuk aktivitas kuliah Universitas Pancasakti.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/universitas-pancasakti-satu-lagi-karya-henri-maclaine-pont/
Comments
Loading...