Tugu Titik 0 Kilometer Pekalongan

0 61

Tugu Titik 0 Kilometer Pekalongan

Tugu Titik 0 kilometer (Mylpaal) terletak di Jl. Jatayu, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Banyak masyarakat yang tidak mengetahui keberadaan titik 0 kilometer Pekalongan. Tugu yang terletak di ujung lapangan jetayu ini justru dianggap sebagai tugu penghalang bagi warga yang sedang berjalan-jalan ataupun berolahraga. Tugu 0 kilometer atau MYLPAAL dalam bahasa Belanda yang berasal dari 2 suku kata MYL: Satuan Panjang (1 mill=1,609 km) dan PAAL: Tiang.

Tugu MYPAAL ini di bangun sebagai tonggak awal pembuatan jalan daendels, yakni jalur pantura sepanjang 1.100 Lilometer yang digagas oleh jendral herman William Daendles pada tahun 1808. Jalan itu memanjang dari Anyer-Panarukan. Sebenarnya yang membuka jalan pantura adalah para ulama-ulama kita (Walisongo). Daendles hanya mengaspal. Ada yang kota pekalongan sebagai poros dari tengah jawa Misalnya, dapat dilihat dari jarak tempuh dari beberapa kota. Kota pekalongan berjarak kurang dari 400 km dari Jakarta dan 420 km dari Surabaya.

Source https://gpswisataindonesia.info https://gpswisataindonesia.info/2018/06/wisata-sejarah-di-kota-pekalongan-jawa-tengah/
Comments
Loading...