Tugu Teijsman

0 5

Tugu Teijsman

Taman dan tugu Teijsman ini memang didedikasikan kepada seorang yang berperan besar terhadap kelangsungan dan perkembangan Kebun Raya Bogor. Tugu dan taman ini didirikan oleh Melchior Treub tahun 1884.

Orang tersebut bernama Johanes Elias Teijsman, yang menjabat sebagai direktur Lands Plantentuin, nenek moyang Kebun Raya pertama di Asia Tenggara ini. Jihannes Elias Teijsman adalah seorang ahli botani dan kolektor tanaman kelahiran Arnheim, Belanda tahun 1808.

Pada saat itu, Lands Plantetuinsedang dalam kondisi yang memprihatinkan karena kekurangan dana. Posisi direkturnya pun kosong sepeninggal Blume yang kembali ke Belanda.Keterkaitannya dengan Bogor dan Belanda bermula ketika ia menerima penugasan sebagai pengelola kebun dari Gubernur Jenderal Belanda, Van Den Bosch. Ia tiba di Jawa pada tahun 1830.

Teijsman kemudian ditunjuk oleh Van Den Bosch sebagai direktur Kebun Raya untuk membenahinya setahun kemudian. Posisi tersebut dijabatnya cukup lama hingga tahun 1869. Selama dipegang olehnya, Lands Plantetuin bukan hanya dibenahi. Tempat ini menjadi berkembang sangat cepat.

Kegigihan Teijsman dalam mengumpulkan berbagai spesies membuat jumlah jenis tanaman yang berada disini berkembang pesat. Ketika Blume kembali ke Belanda, jumlah spesies tanaman yang ada adalah 918, selama ditangani oleh Teijsman, jumlahnya membengkak menjadi 10,000 spesies.

Jasanya bukan hanya bagi kebun kebanggaan masyarakat Bogor. Teijsman melakukan beberapa hal yang hingga saat ini ternyata mempengaruhi kehidupan banyak orang di Indonesia.

Teijsman menyerahkan jabatannya pada tahun 1869 kepada Christiaan Scheffer. Meskipun telah lepas dari jabatannya kegemarannya mengoleksi tanaman tidak hilang. Ia tetap berkeliling Hindia Belanda untuk mengumpulkan berbagai jenis tanaman yang ada di kepulauan ini untuk Kebun Raya hingga wafatnya tahun 188. Sepeninggalnya, Melchior Treub yang menjabat sebagai direktur Kebun Raya Bogor di kala itu, mendirikan tugu atau monumen sebagai penghargaan atas jasa-jasanya. Tugu inilah yang disebut dengan Tugu Teijsman.

Source http://www.lovelybogor.com http://www.lovelybogor.com/tugu-teijsman-kebun-raya-bogor/
Comments
Loading...