Tugu Proklamasi Riau

0 127

Lokasi Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi terletak di Jl. Merdeka, Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi ini didirikan dalam bentuk mengenang usaha Kepulauan Riau untuk bergabung dengan Indonesia, tak hanya itu tugu ini juga menjadi tempat untuk pertamakalinya bendera merah putih dikibarkan sekaligus pembacaan teks Pancasila di Tanjungpinang.

Sayangnya tidak banyak yang mengetahui sejarah pengibaran pertamakali dan pembacaan teks Proklamasi untuk pertama kalinya di tanah Melayu, Tanjungpinang. Sehingga pendirian tugu ini untuk mengenang perjuangan.

Mochtar Huserin, seorang yang memperjuangkan Kepulauan Riau agar masuk sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang saat itu terjadi tarik ulur dimana sebagian masyarakat ingin Kepulauan Riau bergabung dengan Indonesia dan sebagian ingin bergabung dengan Singapura yang saat itu dijajah oleh Inggris.

Tarik ulur ini memiliki alasan yang kuat dari kedua belah pihak. Dimana keinginan menyerahkan ke Indonesia berdasarkan sejarah nusantara dan keinginan menjadi bagian dari Singapura masih satu rumpun dengan Kepulauan Riau.

Sehingga dalam bentuk memperjuangkan Kepulauan Riau saat itu Mochtar Husein memberanikan diri medesak Kepulauan Riau agar masuk wilayah kedaulatan RI dan akhirnya mendapatkan dukungan penuh dari Presiden Soekarno.

Setelah itu pengibaran bendera merah putih untuk perlama kali dilakukan pada tahun1949 di depan Gedung Daerah di atas tiang yang berada di pojok sebelah kanan bangunan. Hanya saja pondasi dari tinag bendera bergeser setelah pemerintah membangun Tugu Proklamasi yang dibangun oleh Suryatati A Manan selaku Wali Kota Tanjungpinang.

Source Tugu Proklamasi Riau Riau
Comments
Loading...