Tugu Proklamasi Mentok

0 46

Lokasi Tugu Proklamasi Mentok

Tugu Proklamasi Mentok terletak di halaman depan Pasanggrahan Mentok/Wisma Ranggam, tepatnya di  Sungai Daeng, Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung 33351.

Tugu Proklamasi Mentok

Tugu yang dikenal sebagai Tugu Proklamasi ini diresmikan langsung oleh Bung Hatta pada tanggal 17 Agustus 1951, ketika beliau kembali ke Bangka guna meninjau bekas-bekas pengasingannya di Kota Mentok pada tahun 1948-1949. Ketika itu, Bung Hatta diasingkan ke Mentok bersama-sama dengan para tokoh pemimpin RI seperti: Ir. Soekarno, H. Agus Salim, Mr. Mohammad Roem, Mr. Assa’at, Mr. Pringgodigdo, Komodor Suryadarma, serta Ali Sastroamidjoyo.

Pengasingan tujuh tokoh pemimpin RI ke Mentok/Bangka, menjadikan posisi Bangka menjadi strategis, karena hubungan BANGKA-JAKARTA-JOGYAKARTA sangat intens pada waktu itu. Hal ini dikarenakan dengan begitu banyaknya pejabat Belanda, maupun Komisi PBB untuk Indonesia atau UNCL yang mondar-mandir ke Pulau Bangka untuk melakukan perundingan dengan Soekarno dan Hatta beserta kabinetnya yang diasingkan ke Mentok.

Pesanggrahan Mentok/Wisma Ranggam adalah tempat dimana konsep Perjanjian Roem Royen untuk penyelesaian konflik antara Indonesia dan Belanda digodog. Perjanjian tersebut dimulai pada tanggal 14 April 1949 – 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes, Jakarta, delegasi Indonesia dipimpin oleh Mohammad Roem. Selama masa perundingan tersebut, pemimpin Indonesia Ir.Soekarno dan Mohammad Hatta tetap berada di Mentok/Bangka. Baru pada tanggal 6 Juli 1949, para pemimpin Indonesia yang diasingkan kembali ke Yogyakarta, ibukota sementara Republik Indonesia.

Mengingat fakta bahwa kota Mentok pernah dijadikan tempat pengungsian tokoh-tokoh penting dalam sejarah Repbulik Indonesia tersebut, dimana kedua proklamator Soekarno-Hatta beserta menteri-menteri utamanya diasingkan dalam satu kota, muncullah prakarsa untuk membangun tugu peringatan di kota Mentok.

Source Tugu Proklamasi Mentok Bangka Belitung
Comments
Loading...