Tugu Peringatan Van Hoof Payakumbuh

0 31

Tugu Peringatan Van Hoof

Oleh masyarakat setempat, situs ini dikenal dengan tugu salib. Hal ini karena pada areal situs terdapat sebuah tugu salib besar yang terbuat dari semen. Tokoh P.J. Van Hoof lahir di Stratum (Belanda) pada tanggal 25 Januari 1878. P. J. Van Hoof ini adalah salah seorang pastor di Kota Payakumbuh pada masa kolonial Belanda. P.J. Van Hoof merupakan penggagas sekaligus pendiri Parachie (Porochus) Payakumbuh, Gereja Katholik, Sekolah dan Pastorie di Kota Payakumbuh. P.J. Van Hoof meninggal dalam perjalanan pulang ke Hindia Belanda pada tanggal 30 Mei 1939 dan dikuburkan di lautan Hindia.

Tugu Peringatan Van Hoof ini terletak di areal perkebunan penduduk dan di sekitarnya banyak terdapat makam-makam keturunan Cina dalam luas lahan 20 m x 30 m. Orientasi (arah hadap) adalah selatan. Tugu Peringatan Van Hoof terbuat dari bata berspesi berbentuk 4 persegi panjang (pipih) dengan alas berupa tangga (pada sisi utara-selatan, berdenah 4 persegi panjang). Alas ini ini terbuat dari bata berspesi dilapisi keramik putih. Tugu ini berukuran lebar 25 cm dan tinggi keseluruhan 3 m dengan cat warna hijau. Pada bagian atas tugu ornamen berupa salib yang terbuat dari besi. Pada bagian tengah tugu terdapat marmer 4 persegi panjang warna putih tempat inskrip berada.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Payakumbuh.pdf
Comments
Loading...