Tugu Peringatan J.J. Smith

0 4

Tugu Peringatan J.J. Smith

Tugu Peringatan J.J. Smith sendiri sudah bisa dikategorikan sebuah cagar budaya, yang mensyaratkan usia di atas 50 tahun. Dan, tugu ini sudah berusia lebih dari itu karena dibangun pada tahun 1937. Lebih daripada itu, monumen sederhana ini dibangun sebagai tanda penghargaan terhadap seseorang yang pernah berperan dalam kehidupan Kebun Raya Bogor sendiri, J.J. Smith atau Johannes Jacobus Smith.

Ahli botani berkebangsaan Belanda kelahiran Antwerp tahun 1867 ini berjasa bagi KRB karena ia adalah seseorang yang meneliti dan mengumpulkan berbagai macam flora dari seluruh Indonesia, terutama anggrek. Ia berjasa dalam mendeskripsikan dan membuat kategori terutama tanaman yang berasal dari Papua. J.J. Smith juga pernah menjabat sebagai kurator/direktur Kebun Raya Bogor selama 11 tahun antara tahun 1913 sampai 1924.

Bisa dikata orang penting di masanya dan berperan besar dalam pengembangan tempat yang menjadi kebanggaan warga Bogor dan Indonesia ini. Untuk itulah, Tugu Peringatan J.J. Smith ini dibangun, yaitu untuk memberitahukan kepada siapapun peran dan jasa besar yang dilakukan olehnya.

Sayangnya, apa yang dilakukannya ternyata tidak cukup untuk membangkitkan kesadaran cukup banyak orang untuk menjaganya. Setidaknya untuk tidak memandang tugu yang didirikan untuknya sama dengan sekedar bangku tempat ngobrol saja.

Sayang sekali, sebuah tugu yang memiliki nilai historis tinggi dan menyimpan banyak cerita bersejarah dipandang sepele seperti itu. Padahal tidak memerlukan pengetahuan tinggi untuk mengetahui makna monumen ini, cukup dengan melihat papan informasi yang berada di dekatnya maka sudah bisa dibayangkan nilainya.

Source http://www.lovelybogor.com http://www.lovelybogor.com/tugu-peringatan-j-j-smith-peninggalan-yang-disepelekan/
Comments
Loading...