Tugu Pemoeda Padang

0 23

Tugu Pemoeda

Lokasi tugu ini berada dalam sebidang tanah berbentuk segitiga dengan sekeliling tanah telah diberi pagar besi. Baentuk kaki tugu ini berupa segi empat, bentuk tubuh tugu berupa segi tiga yang hampir silinder, sementara bagian atas berupa limas (piramida), bagian punvak berbentuk bola. Bentuk tugu bagian badan berukuran panjang 1,5 m lebar 1,5 m dan tinggi 3 m. Pada bagian atas tugu yang runcing ini terdapat bulatan berbentuk bola. Bentuk segi tiga tugu melambangkan tiga bagian: tradisisonal masyarakat Minangkabau, yaitu ninik mamak (pemangku adat), alim ulama (pemuka adat), cerdik pandai (kaum intelektual). Adapun bentuk bola dibagian puncak tugu ini melambangkan persatuan Sumatera yang diidamkan. Pada keempat bidang sisi tugu ini terdapat inskripsi berupa kalimat-kalimat yang berbunyi:
Sisi Timur Atas :
Perkoempoelan Pemoeda Soematra
Diperhentikan perdjalanannja
Dalam Rapat Besar
Dikota Djakarta
Karena masoek Indonesia Moeda
9.xii.1917 – 23.iii.1930
Sisi Timur Bawah :
Peringatan Rapat Besar Kesatoe Dan J.B.S (Persatuan Pemoeda Soematera)
Sisi Barat :
Kekallah Agama Islam
Sisi Selatan :
1910
Sisi Utara :
Tersiarnya Pergerakan Anak Soematera

Keterangan mengenai sejarah tugu ini didapatkan dari survei literatur. Pada tanggal 14 Juni 1920, sekelompok perwakilan Jong Sumatrean Bond (JBS) dan sejumlah penduduk bergabung dengan pejabat-pejabat Belanda untuk meresmikan tugu di sudut Lapang Michiels (Michielsplein).

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang.pdf
Comments
Loading...