Tugu Pancasila Blora

0 99

Tugu Pancasila

Keberadaan Tugu Pancasila yang berdiri dengan angkuh di tengah-tengah jalan simpang empat jalan protokol Blora, Jl Pemuda, JL A Yani, Jl Gundanar dan Jl Jenderal Sudirman Blora, seakan menjadi penanda bahwa Blora, memiliki nilai historis perjuangan sebelum kemerdekaan atau sesudah kemerdekaan.

Tugu Pancasila bahkan menegaskan menjadi landmark Blora, siapapun pasti tahu akan beberdaan tugu tersebut. Dengan beberapa patung dan ornament relief semakin membuktikan bahwa satu peristiwa besar pernah terjadi di Kota satai yang pada 11 Desmber ini memasuki usia ke 265.

Namun ironisnya ternyata sejarah dibangunnya Tugu Pancasila jarang diketahui oleh generasi sekarang. Sayangnya, narasumber yang tahu akan berdirinya juga sangat minim. Bahkan jika melihat prasasti peresmian tugu itu sebenarnya, bernama Tugu Garuda Pancasila. Entah supaya lebih singkat atau cepat diucapkan, masyarakat Blora mengenalnya dengan Tugu Pancasila.

Dari prasasti peresmian, Tugu Garuda Pancasila di resmikan pada 5 Oktober 1977 yang bertepatan dengan Hari ABRI. Diresmikan langsung oleh Bupati Blora waktu itu Soepadi Joedodarmo. Dari sejumlah literatur menyebutkan bahwa keberadaan tugu Garuda Panncasila selain untuk mengenang perjuangan masyarakat Blora mempertahankan kemerdekan juga mengambarkan semangat dan etos kerja masyarakat Blora.

Source http://beranda-kawasan.blogspot.com http://beranda-kawasan.blogspot.com/2014/12/tugu-pancasila-blora.html
Comments
Loading...