Tugu Pahlawan Tak Dikenal Sumatera Barat

0 315

Lokasi Tugu Pahlawan Tak Dikenal

Tugu Pahlawan Tak Dikenal terletak di Jalan Khatib Sulaiman No. 4 C, Aur Tajungkang Tengah Sawah, Guguk Panjang, Aur Tajungkang Tengah Sawah, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26138.

Tugu Pahlawan Tak Dikenal

Tugu Pahlawan Tak Dikenal itu dibangun di tengah sebuah bidang bundar yang dihias tanaman perdu pendek, dengan ukiran wajah-wajah raksasa bertaring an mata melotot yang dililit badan seekor naga pada batang tugu yang bentuknya mengerucut ke atas. Di puncaknya berdiri patung seorang pemuda yang memegang sebatang tongkat seolah seorang konduktor. Sejatinya di ujung tongkat itu dulu ada bendera.

Tugu Pahlawan Tak Dikenal di Kota Bukittinggi itu, dengan seorang pemuda yang berdiri di atas tumpukan kepala sejumlah raksasa. Relief raksasa pada batang tugu itu tampaknya dimaksudkan untuk menggambarkan wajah angkara murka pemerintah kolonial Belanda yang sangat kuat dan berkuasa saat itu, layaknya kekuatan para raksasa, dalam menguras kekayaan negeri dan membebani pajak kepada rakyat.

Tugu ini terlihat cukup tinggi, yang bisa dibandingkan dengan tingginya sepasang anak manusia yang tengah duduk berdua di sisi kanan patung, mungkin tengah merenda masa depan bersama. Di bawah tugu terdapat tengara berisi kutipan tulisan Muhammad Yamin yang berbunyi: “Pahlawan Tak Dikenal, mati luhur tak terkubur, memutuskan jiwa meninggalkan nama, menjadi awan di angkasa, menjadi buih di lautan, semerbak harumnya di udara”.

Prasasti di bawah tugu yang menceritakan bahwa Tugu Pahlawan Tak Dikenal Bukittinggi dibangun untuk mengenang perlawanan para pahlawan yang namanya tak bisa dikenali. Mereka adalah para pejuang yang menjadi korban dalam pergolakan yang terjadi pada Juni 1908 dalam menentang sistem pajak oleh Belanda yang diberlakukan sejak 1 Maret 1908. Sistem pajak yang baru itu dirasakan sangat memberatkan rakyat.

Disebutkan di sana bahwa peletakan batu pertama pembangunan tugu dilakukan mendiang Jenderal AH Nasution pada 15 Juni 1963 dan diresmikan pada 1965. Konstruksi bangunan tugu dibuat oleh Hoerijah Adam (1936-1971) yang wafat dalam kecelakan pesawat Vickers Viscount Merpati Nusantara Airlines dengan registrasi PK-MVS, yang jatuh di Samudera Hindia di lepas pantai Padang pada 10 November 1971. Seluruh dari 69 orang yang ada di atas pesawat tewas dalam kecelakaan terburuk dalam sejarah penerbangan Indonesia pada saat itu.

Source http://www.aroengbinang.com http://www.aroengbinang.com/2017/11/tugu-pahlawan-tak-dikenal-bukittinggi.html
Comments
Loading...