Tugu Mahkota Binokasih Sumedang

0 129

Lokasi Tugu Mahkota Binokasih

Tugu Mahkota Binokasih terletak di Jl. P. Sugih No.16, Regol Wetan, Sumedang Sel., Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45311.

Tugu Mahkota Binokasih

Tugu Mahkota Binokasih adalah nama sebuah tugu yang kini berdiri gagah di bunderan Polres Sumedang. Diberi nama Tugu Mahkota Binokasih karena di puncaknya bertengger replika dari lambang kedigjayaan Kerajaan Padjadjaran dimasa lampau, Mahkota Binokasih Sanghyang Pake, yang pada masanya diwariskan ke Kerajaan Sumedang Larang.

Masa yang dimaksud adalah masah pecah perang antara Kerajaan Padjadjaran dengan Kerajaan lainnya, dimana ketika itu, Kerajaan Padjadjaran perlahar hancur digempur oleh gabungan kekuatan Banten, Cirebon, dan Demak. Terjadi bentrokan besar tak seimbang kala itu yang menyebabkan Kerajaan Padjadjaran porak poranda.

Oleh empat Kandaga Lante kepercayaan Prabu Siliwangi raja Kerajaan Padjadjaran, Mahkota Binokasih diselamatkan dengan diboyong ke Sumedang. Mahkota itu lalu diserahkan, diamanatkan pada Prabu Geusan Ulun penguasa Sumedang Larang saat itu.

Tugu Mahkota Binokasih sekarang menjadi ikon Kota Sumedang setelah Museum Prabu Geusan Ulun, Monumen Lingga, dan Masjid Agung Sumedang. Mahkota Binokasih kini tersimpan di Museum Prabu Geusan Ulun. Hingga akhirnya, dipilihlah Mahkota Binokasih untuk bertengger di puncak tugu, karena dianggap mewakili kekayaan sejarah Kota Sumedang.

Source Tugu Mahkota Binokasih Sumedang Jawa Barat
Comments
Loading...