Tugu Kujang Pusaka Tasikmalaya

0 106

Lokasi Tugu Kujang Pusaka

Tugu Kujang Pusaka terletak di Kampung Naga di Desa Neglasari Kec Salawu Kab Tasikmalaya, Jawa Barat.

Tugu Kujang Pusaka

Bangunan Tugu Kujang Pusaka tersebut selain menjadi yang terbesar, juga menjadi lambang kuatnya budaya Sunda yang ada di Jawa Barat. Senjata Kujang memiliki makna yang sangat berarti bagi masyarakat sunda. Senjata kujang di masa lalu adalah senjata khas dan menjadi andalan “urang” Sunda dalam memperkuat mempertahankan diri saat bertempur.

Tinggi Tugu Kujang Pusaka diperkirakan mencapai 3 meter. Kujang raksasa tersebut ditopang oleh sebuah bangunan persegiempat yang terbuat dari beton. Kujang raksasa tersebut dibuat dan ditempa oleh 40 empu yang biasa membuat kujang. Selain itu, yang membuat kujang tersebut istimewa, karena bahan baku pembuatannya berasal dari leburan senjata pusaka yang dimiliki 900 Raja – Raja Sunda dan Raja – Raja Nusantara (Prabu Sri Pamekas yang memerintah tahun 1338 M dan Prabu Surya Amiluhur yang memerintah tahun 1248 M).

Pendirian Tugu Kujang di Kampung Naga memiliki 2 elemen yang sangat penting. Yakni, melambangkan kuatnya budaya Sunda dengan semangatnya yang membara dan juga melambangkan betapa tingginya penghargaan masyarakat kepada Kampung Naga.

Source Tugu Kujang Pusaka Tasikmalaya Jawa Barat
Comments
Loading...