Tugu Kujang Bogor

0 120

Lokasi Tugu Kujang

Tugu Kujang terletak di Jalan Raya Pajajaran No.1A, Baranangsiang, Bogor Timur, Tegallega, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16143.

Tugu Kujang

Tugu Kujang adalah monumen yang merupakan simbol kota Bogor. Postur tugu Kujang menjulang ke atas setinggi kurang lebih 25meter. Lahan dimana tugu berdiri berbentuk segitiga. Tugu ini kalau dihitung dari umurnya belum memilik sejarah yang panjang. Sang simbol kota Bogor ini dibangun pada tahun 1982 pada masa pemerintahan walikota Ahmad Sobana dan menghabiskan dana saat itu sekitar 80 juta rupiah. Jadi baru berusia 33 tahun saat tulisan ini ditulis.

Tugu Kujang terdiri dari 2 bagian. Bagian pertama adalah bagian badan tugu berbentuk obelisk yang ujungnya terpotong. Bagian atas terdapat sebuah ornamen berbentuk senjata klasik masyarakat Sunda, yaitu Kujang. Ornamen Kujang sendiri terbuat dari baja anti karat berukuran 7 M dan seberat kurang lebih 800 kilogram. Pada saat pemasangan ornamen, mengingat ukuran dan beratnya, serta ketinggian tugu, diperlukan bantuan helikopter dari Lapangan Udara Atang Sanjaya Bogor.

Kujang adalah sebentuk “senjata” tradisional dari masyarakat Sunda. Berbagai Kaa “senjata” diberi tanda kutip mengingat asal mulanya Kujang adalah sebuah peralatan bertani masyarakat Sunda. Bukan senjata. Keberadaannya sebagai alat pertanian sudah tercatat dalam sejarah pada abad ke-8-9 Masehi. Baru sekitar abad 9-12 Masehi perannya berubah menjadi sebuah senjata bernilai sakral dan simbolik.

Ada beberapa versi asal kata Kujang. Ada versi yang mengatakan bahwa kata Kujang berasal dari bahasa Sunda kuno “Kudi” dan “Hyang“. Kudi berarti senjata yang memiliki kekuatan gaib. Hyang berarti Dewa. Ada juga yang mengaitkan dengan kata “Ujang” alias manusia.

Kaitan Kuajng dengan Bogor adalah senjata ini ditengarai merupakan senjata pusaka dari masa Kerajaan Sunda abad 12-15 yang memiliki ibukota di Pakuan Pajajaran. Kalau menurut literatur sejarah, Pakuan Pajajaran ini berlokasi di Bogor.

Salah satu rajanya yang terkenal adalah Prabu Siliwangi. Dia lah yang menetapkan “Bogor” sebagai ibukota kerajaannya di tahun 1482. Oleh karena itu hari penobatan prabu Siliwangi, yaitu 3 Juni 1482 ditetapkan sebagai hari lahirnya kota Bogor. Jadi itulah alasan mengapa tugu Kujang didirikan dan dijadikan simbol kota Bogor. Jangan pula dilupakan bahwa mayoritas masyarakat di Bogor berasal dari etnis Sunda.

 

Source Tugu Kujang Bogor Jawa Barat
Comments
Loading...