Tugu Khatulistiwa Pontianak

0 309

Lokasi Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa terletak di Jalan Khatulistiwa, Desa Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa dibangun pada 31 Maret 1928. Tugu Khatulistiwa yang asli terbuat dari kayu belian (kayu besi atau kayu ulin) yang terdiri dari empat tonggak yang mana 2 buah tonggak bagian depan dengan tinggi 3,08 meter dari permukaan tanah, dan 2 buah tonggak bagian belakang dengan tinggi 4,40 meter dari permukaan tanah. Keterangan simbol berupa anak panah menunjukkan arah utara – selatan (lintang 0 derajat). Keterangan simbol berupa flat lingkaran yang bertuliskan EVENAAR, memiliki arti khatulistiwa dalam bahasa Belanda, menunjukkan belahan garis khatulistiwa atau batas utara dan selatan.

Sedangkan flat di bawah arah panah ditulis 109°20’0”0LvGR, artinya garis khatulistiwa di Kota Pontianak bertepatan dengan 109° garis bujur timur 20 menit 00 detik GMT. Awal kontruksi pembangunan, tugu ini dibangun berupa tonggak dengan tanda panah. Lalu pada tahun 1930, disempurnakan menjadi berbentuk tonggak dengan lingkaran dan tanda panah. Tahun 1938, tugu asli dibangun kembali dengan penyempurnaan oleh Opsiter/Architech Silaban pada bagian lingkarannya menjadi seperti sekarang ini.

Tahun 1990, Tugu Khatulistiwa tersebut direnovasi dengan pembuatan kubah dan duplikat Tugu Khatulistiwa dengan ukuran lima kali lebih besar dari tugu aslinya. Peresmian kubah dan replika Tugu Khatulistiwa dilakukan pada 21 September 1991 oleh Gubernur Kalimantan Barat. Kemudian pada Maret 2005, posisi Tugu Khatulistiwa dikoreksi kembali oleh Tim dari BPPT yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak.

Source Tugu Khatulistiwa Pontianak KalBar
Comments
Loading...