Tugu Kebun Raya Waiwerang

0 41

Tugu Kebun Raya Waiwerang

Tugu Kebun Raya Waiwerang merupakan Ikon Kota Waiwerang, yang memiliki ketinggian kurang lebih 7 meter. Letak tugu ini di Jl. Kebun Raya, disisi Utaranya perempatan kota Waiwerang.

Tugu Waiwerang yang sebelumnya mempunyai nama yakni Tugu Kebun Raya, yang dibangun pada bulan September 1960 sampai dengan Agustus 1961. Pada masa penjajahan Kolonial Belanda. Tapi sekarang ini dari beberapa masyarakat Waiwerang atau pinggiran pulau menamai dengan “Tugu Tujuh Belas Agustus”.

Disebelahnya tugu terdapat lapangan atau dikenal dengan #Kebun Raya Waiwerang Kebun Raya Waiwerang. Lapangan ini sering digunakan untuk event atau acara-acara Pemerintahan dan Sosial serta Keagamaan. Biasanya, Sholat Idul Fitri/ Adha dilaksanakan di lapangan Kebun Raya ini.

Sejarah pembangunan Kebun Raya Waiwerang pada masa penjajahan Belanda, tanggal 1 Oktober 1912 penyegelan dua tempat dibagian Flores Timur (Onder Oost Flores) yaitu;

Bagian Flores Timur dan Pulau Solor (Onderafdeling Oost Flores en Solor) dengan Ibukota Larantuka yang dipimpin oleh Gezaghebber Luit Smiedeman.

Sedangkan bagian Pulau Adonara dan Pulau Lembata (Onderafdeling Adonara en Lomblen) dengan ibukota Waiwerang yang dipimpin oleh Gezaghebber Luit Drybber.

Selama Kota Waiwerang dipimpin oleh Gezaghebber Luit Drybber, beliau membangun beberapa tempat antara lain, Kebun Raya, Kantor Onderafdeling dan Pemindahan aliran sungai Waiknawe dari depan kantor Onderafdeling ke lokasi sekarang.

Source https://visitadonara.wordpress.com https://visitadonara.wordpress.com/2018/03/27/tugu-kebun-raya-waiwerang/
Comments
Loading...