Tugu Dolan Maluku

0 76

Lokasi Tugu Dolan

Tugu Dolan terletak di Kel Kudamati, Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku.

Tugu Dolan

Tugu Dolan didirikan pada tahun 1967 oleh pemerintah Australia untuk mengenang seorang seorang prajurit Australia bernama Dolan yang gugur dalam pertempuran melawan Jepang pada perang dunia II di Kota Ambon.

Dolan terkenal sebagai seorang prajurit pemberani. Ketika semua pasukan Australia mundur dari perbatasan Kota Ambon akibat serangan yang gencar dari Jepang, Dolan satu-satunya prajurit Australia yang tinggal bersembunyi dan membalas serangan dan menewaskan banyak tentara Jepang. Hal ini membuat prajurit Jepang gusar dan marah sehingga terus mencari tahu tempat persembunyiannya. Pada akhirnya Jepang mengetahui tempat persembunyian Dolan dan mereka berhasil menyergap dan menembak mati Dolan.

Saat itu, siapapun dilarang untuk menguburkan Dolan. Tetapi ada seorang warga setempat yang memberanikan diri mengambil mayat Dolan dan menguburkannya. Dolan dikubur di bawah pohon Gandaria yang sekarang berdiri Tugu Dolan. Dengan demikian kawasan tersebut dinamakan Tugu Dolan.

Hingga saat ini, setiap perayaan Anzac Day, pada tanggal 25 April, di Ambon, warga Australia  dari Australia selalu mengunjungi Tugu Dolan untuk memberikan penghormatan kepada prajurit pemberani itu, Dolan. Peryaan Anzac Day sendiri adalah perayaan hari nasional di Australia dan Selandia Baru untuk memperingati semua warga Australia dan Selandia Baru yang telah bertugas dan gugur dalam segala peperangan, konflik dan operasi menjaga perdamaian dan kontribusi juga penderitaan dari mereka yang telah bertugas. Awalnya tanggal 25 April setiap tahun adalah untuk menghormati para anggota Australia dan Selandia Baru Army Corps (ANZAC) yang bertempur di Gallipoli di Kekaisaran Ottoman selama Perang Dunia I.

Source https://smtpichristal.wordpress.com/category/beranda/ https://smtpichristal.wordpress.com/2016/10/09/tugu-dolan/
Comments
Loading...