Tugu Digulist Pontianak

0 77

Lokasi Tugu Digulist

Tugu ini terletak di Bundaran Universitas Tanjungpura, Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Bansir Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

Tugu Digulist

Kata tugu erat kaitannya dengan monumen, yaitu sebuah bangunan yang digunakan sebagai tanda untuk mengingat peristiwa penting, bersejarah, ataupun bentuk penghormatan terhadap peristiwa tertentu. Ya, begitu juga dengan tugu ini, yaitu Tugu Digulist. Tugu yang berdiri di areal dengan luas ± 1.779 m2, dengan diameter 47,4 meter, akan menyambut kedatangan siapapun jika anda berkunjung ke Kota Pontianak.

Tugu Digulist ini diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Soedjiman pada tanggal 10 November 1987. Dengan bangunan awal bercat kuning menyerupai bambu yang berjumlah sebelas. Tugu Digulist ini memiliki sejarah yang bermakna. Bermula dari terbentuknya Sarikat Islam pada tahun 1914 di Ngabang, kemudian dibentuknya partai Sarekat Islam tahun 1923, dimana menjadi awal sejarah perjuangan rakyat Kalimantan Barat.

Belanda menjadi khawatir akan pergerakan terebut, sehingga Pemerintah Hindia Belanda menangkap sebelas orang tokoh yang berpengaruh di Kalimantan Barat. Kemudian mereka dibuang ke penjara Boven Digoel di Papua.

Dari nama penjara di mana tokoh tersebut dibuang itulah, kemudian tugu ini disebut dengan Tugu Digulist. Tiga dari mereka meninggal saat menjalani pembuangan di Boven Digoel, lima lainnya wafat saat Peristiwa Mandor, dan tiga lainnya wafat karena sakit. Untuk menghormati akan perjuangan kesebelas tokoh tersebut, maka dibangunlah Tugu Digulist.

Transportasi Menuju Tugu Digulits

Kendaraan Pribadi
Jika memulai perjalanan dari Bandara Supadio, Kabupaten Kubu Raya, maka anda bisa memilih untuk melewati Jalan Arteri Supadio – Jalan Ahmad Yani – Bundaran Tugu Digulist. Waktu tempuh dari Bandara Supadio sekitar 21 menit / 12,9 Km.

Jika anda memulai perjalanan dari Kota Singkawang sebagai satu di antara pusat wisata di Kalimantan Barat, maka anda bisa memulai perjalanan dari Kota Singkawang – Kota Pontianak – Jalan Sultan Hamid/ Jembatan Kapuas I – Jalan Pahlawan – Jalan Veteran – Belok Kiri ke Jalan Ahmad Yani – Tugu Digulits. Waktu tempuh dari Kota Singkawang jika tanpa hambatan macet sekitar 3 jam 15 menit / 152 Km.

Source Tugu Digulist Pontianak KalBar
Comments
Loading...