Tugu Bekas Pengeboman Belanda Kepulauan Meranti

0 85

Lokasi Tugu Bekas Pengeboman Belanda

Tugu Bekas Pengeboman Belanda terletak di Oesa Alah Air, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Merantl, Provinsi Riau.

Tugu Bekas Pengeboman Belanda

Lokasi Tugu ini merupakan tempat jatuhnya bom yang dijatuhkan oleh Belanda pada masa Akgresi Belanda ke II, atau semasa Pemerintahan Darurat Republlk Indonesia (PDRI) tahun 1949. Pembuatan tugu inl merupakan inisiatlf dari tokoh masvarakat di Selat Panjang. Karena dengan adanya pembuatan tugu ini, diharapkan adanya pentransperan nilal perjuangan dari generasi terdahulu kepada generasi sekarang dan generasi yang akan datang.

Tugu ini terletak di komplek sekolah SO 23 kecamatan Tebing Tinggi. Sekarang tugu ini dijadikan sebagai simbol kepahlawan oleh masyarakat di Kabupaten Kepulaun Meranti dalam mempertahankan kemerdekaan. Dulunya disekitar tugu ini merupakan merupakan Sekolah Rakyat (SR} yang dibangun pada tahun dimotori oleh Bapak Sarmin (almarhum). Cuman seluruh bangunan sexotah ini sudah direnovasi selurunya, sehingga stsasisa sebagai sekolah yang dibangun cukup lama tidak tertihal lagi. Tapi meskipun demikian, bentuk bangunan lama dari SD ini bisa dilihat dari foto-foto yang terdokumentasi pada saat sekolah ini berdiri yailu sekitar tahun 1947.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/06/19/tugu-bekas-pengeboman-belanda-di-kepulauan-meranti/
Comments
Loading...