Tugu Batu Satam Belitung

0 129

Lokasi Tugu Batu Satam Belitung

Tugu Batu Satam Belitung terletak di Bundaran Pusat Kota, Tanjung Pandan, Belitung.

Tugu Batu Satam Belitung

Sebuah tugu agak tinggi dengan batu besar berwarna kehitaman di puncaknya. Nama Batu Satam masih terdengar asing di telinga, dan tidak pernah pula terekam di dalam ingatan bahwa ada hubungan antara batu yang bernama aneh itu dengan Pulau Belitung.

Rupanya Tugu Batu Satam dibuat selain sebagai tengara kota, juga sekaligus untuk mempromosikan adanya Batu Satam yang terkenal di kalangan para penggemar batu dan perhiasan sebagai cindera mata yang khas dari daerah Belitung.

Satam adalah kata jadian yang berasal dari bahasa Tionghoa Sa yang berarti pasir, dan Tam yang berarti empedu. Batu Satam ditemukan berada diantara biji timah oleh para penambang timah darat di Belitung, sehingga seolah menjadi empedu pasir meskipun warnanya hitam mengkilat bukan hijau gelap.

Batu Satam sendiri telah lama ditemukan, bersamaan dengan kegiatan penambangan Timah di Belitung, yaitu pada paruh kedua abad ke-19. Tercatat pada tahun 1921, ketika datang ke Belitung seorang insinyur berkebangsaan Belanda bernama N. Wing Easton menyebut batu ini dengan nama “Billitonite”, atau batu Belitung.

Batu Satam adalah pecahan meteor yang menubruk Bumi sekitar 780.000 tahun lalu. Dikenal di dunia sebagai tektites (Yunani tektos, leleh) dengan ukuran sebesar kerikil berujud gelas mengkilap alami berwarna hitam, hijau, coklat atau abu-abu yang terbentuk dari puing-puing meteor yang terlontar dan meleleh selama benturan di luar angkasa.

Batu Satam di Belitung nampaknya hanya yang berwarna hitam mengkilap dengan tekstur yang khas. Selain di Belitung, batu sejenis juga telah ditemukan di beberapa tempat di Pulau Jawa, Kalimantan, Filipina, Timur Tengah, Cekoslawakia dan juga di benua Australia.

Source Tugu Batu Satam Belitung Bangka Belitung
Comments
Loading...