Tugu 40 tahun Sultan Muhammad Bertahta

0 66

Tugu 40 tahun Sultan Muhammad Bertahta

Sultan Muhamad dengan mengenakan baju kebesaran Kesultanan tampak tak seberapa jauh dari batu yang tersusun. Ratu Besar terlihat di sampingnya. Tak seberapa jauh, tampak para pembesar dan pejabat Resident Borneo Westerafdeling.

77 tahun kemudian setelah upacara peletakan batu pertama, yakni sekarang ini, di tahun 2012, bangunan tugu masih tegak berdiri. Sepuluh tonggak mengelilingi tugu. Dengan rantai yang saling berhubungan satu dengan lainnya.

Tugu ini dibangun untuk memperingati sudah 40 tahun pemerintahan Sultan Syarif Muhammad Al-Kadrie. Sultan keenam dan juga sultan paling lama yang menduduki tahta kesultanan Pontianak (1895–1944). Selain itu juga merupakan persembahan rakyat dan penduduk kepada Sultan.

Lokasinya tak seberapa jauh dari pintu gerbang Komplek Istana Kesultanan Pontianak. Tepatnya di arah barat daya pintu gerbang. Secara adminsitratif kini masuk ke dalam wilayah Kelurahan Kampong Dalam BugisKecamatan Pontianak Timur. Titik Koordinat : 0° 1′ 39’’ LS 109° 20′ 54’’.

Source https://pontianakheritage.wordpress.com https://pontianakheritage.wordpress.com/2015/05/25/tugu-40-tahun-sultan-muhammad-bertahta/
Comments
Loading...