Tugu 0 Km Kota Cirebon

0 61

Tugu 0 Km Kota Cirebon

Depan kantor POS, tugu 0 Km Kota Cirebon berdiri. Kondisinya kini tidak terawat, padahal titik sejarah Cirebon Kolonial ada di sana. Tugu 0 Km Kota Cirebon berada di Jalan Yos Sudarso, Kota Cirebon, tepatnya depan Kantor POS. Tugu tersebut berdiri tinggi sekira 1 meter. Marka wilatah tersebut merupakan saksi keberadaan Deandels di Cirebon. Waktu ketika ia membangun jalan antara Anyer dan Panarukan.

Jalur Anyer-Panarukan melintasi Cirebon. Namun, masyarakat tidak banyak tahu bahwa Anyer-Panarukan di Cirebon ditandai titik 0 Km. Titik tersebut menandai bahwa Cirebon telah terhubung ke kota-kota lain lewat jalan.

Pengamat Sejarah Cirebon Nurdin M Nur mengungkapkan Tugu 0 Km merupakan bagian dari Keboemen Plain. Kebumen Plain merupakan suatu wilayah khusus. Di dalamnya terdapat bangunan Hindia-Belanda. Bangunan Hindia-Belanda, kata Nurdin, di Kota Cirebon, berdiri di wilayah Kebumen. Kebumen masuk administrasi Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Di Kebumen, terdapat bangunan kolonial, seperti De Javasche Bank (Bank Indonesia), British American Tobacco (BAT), dan Gereja Santa Maria. Wilayah tersebut sangat eksklusif, karena orang-orang Hindia-Belanda mendirikan kompleks kediaman di sana.

Selain itu, untuk menghubungkan jalan ke kota-kota lain, pemerintah Hindia-Belanda mendirikan Tugu 0 Km di selatan Kebumen. Tujuannya, memberi ciri atau jarak untuk menuju Cirebon. “Sampai sekarang, di Kebumen masih ada tonggak yang merupakan 0 Km. Tonggak itu menjadi patokan untuk mengukur jarak dari Cirebon ke kota-kota lain,” pungkas Nurdin.

Kini, Tugu 0 Km tersebut masih dapat ditemui, yaitu di depan Kantor POS, Jalan Yos Sudarso, Kota Cirebon. Tugu ini tepatnya sebelah kanan dari gapura kantor POS.

Saat berkunjung ke Cirebon, kamu wajib deh sampai ke tugu ini. Demi merasakan kembali Kota Cirebon di masa kolonial.

Source https://merahputih.com https://merahputih.com/post/read/tugu-0-km-sejarah-jalan-kota-cirebon-terhubung-kota-lain
Comments
Loading...