Tri Dharma Hong San Kiong

0 26

Tri Dharma Hong San Kiong

Bangunan klenteng ini terlihat biasa dan tak begitu luas. Warna khas merah tua dan kuning menjadi warna dominan sebagaimana warna khas budaya Tiongkok. Ada tiga bagian ruangan di klenteng tersebut, ruang depan atau teras, tengah, dan ruang utama berisi altar pemujaan dewa atau leluhur.

Tak seperti klenteng pada umumnya yang didominasi arsitektur khas Tiongkok, pengaruh arsitektur Jawa terasa di klenteng ini. Atap genting teras depan berbentuk joglo khas Jawa.

Di atas atap terdapat ornamen dua pasang naga yang berhadapan dengan mustika (zhu) di tengahnya. Tepat di langit-langit atap teras terpampang papan bertuliskan Tempat Ibadah Tri Dharma Hong San Kiong, Gudo. Klenteng ini adalah satu dari dua klenteng yang ada di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Tepatnya di Desa/Kecamatan Gudo, sekitar 15 kilometer selatan pusat kota Jombang.

Beberapa bagian bangunan kuno klenteng Hong San Kiong sengaja dipertahankan. Salah satunya pagar. Pagar besi dengan tiang berornamen batu itu sumbangan dari salah satu jemaah klenteng. Keterangan itu tertulis dan terukir di salah satu tiang pagar dalam bahasa Mandarin dan bahasa Indonesia ejaan lama: Roedji Soembangan Dari Njonjah Loe Tjien Tjing Gringging 28-2-1938 (Pagar Sumbangan Dari Nyonya Tjien Tjing Gringging 28-2-1938). Sedangkan di dua tiang pagar terdapat patung burung yang mencengkeram tiang pagar.

Mengenai kapan berdirinya klenteng memang belum ditemukan catatan atau prasasti. Namun menurut Nanik, seorang profesor kepala perpustakaan nasional di Taiwan pernah berkunjung ke klenteng Hong San Kiong.

Source http://idealoka.com http://idealoka.com/2018/03/14/gudo-wajah-kampung-toleran-dari-jombang/
Comments
Loading...