Toko van Dorp Bandung

0 22

Toko van Dorp

Landmark atau toko van Dorp terletak di penggalan bagian utara Bragaweg, merupakan salah satu toko dari deretan bangunan pertokoan di Bragaweg yang menggunakan arcade, yaitu suatu konsep perencanaan bangunan pertokoan yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki di sepanjang trotoar di depannya (Katam & Abadi, 2006). Toko van Dorp dibangun pada tahun 1922, yang merupakan hasil rancangan arsitek Ir. C.P. Wolff Schoemaker dengan gaya Art deco. Seperti halnya bangunan Bank Indonesia, sang arsitek memasukkan unsur lokal pada bangunan van Dorp ini. Ornamen kala ditempatkan di bagian depan bangunan, tepatnya di sisi kanan dan kiri. Meskipun demikian, bangunan ini secara keseluruhan masih berkarakteristik Eropa.

Bangunan ini sempat dibiarkan kosong untuk beberapa lama setelah berfungsi sebagai toko buku hingga tahun 1960-an. Pada tahun 1970-an, bangunan ini sempat difungsikan untuk gedung bioskop dan tempat hiburan. Saat ini bekas toko van Dorp ini berfungsi sebagai gedung serbaguna (tempat pameran, pernikahan, dan lain-lain) dan diberi nama Landmark Convention Centre.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/braga-salah-satu-identitas-bandung-2/
Comments
Loading...