Toapekong Kapten Cina Tanjung Pandan Belitung

0 128

Lokasi Toapekong Kapten Cina

Toapekong Kapten Cina terletak di Kompleks Hotel Billiton, Jl. Depati Gegedek No. 50, Tanjung Pandan, Belitung. 

Toapekong Kapten Cina

Mengapa disebut Toapekong Kapten Cina, rupanya karena Toapekong ini sebelumnya merupakan bagian dari rumah yang dimiliki oleh seorang Kapten Cina yang tinggal di tempat ini. Kapten itu hidup pada pertengahan sampai akhir abad ke-19.

Sebidang ruang dimana Toapekong Kapten Cina berada, dengan ornamen pintu simetris di kiri kanan, dan sulur-suluran berhias beberapa jenis binatang di atas akses masuk yang terbuka lebar tanpa daun pintu. Di Toapekong Kapten Cina ini hanya ada satu altar, dengan sebuah patung di bagian atas, sebuah lagi patung ada di bagian bawah, sebuah hiolo di meja, lukisan foto pada dinding dan beberapa ornamen di kiri kanannya.

Toapekong Kapten Cina yang telah berusia lebih dari 100 tahun ini semula adalah rumah abu atau tempat untuk memuja para leluhur keluarga Ho. Bermula dari ‘ditemukannya’ Timah di Belitung oleh Belanda pada 1851, didatangkanlah kuli-kuli Cina dari Singapura dan dari Cina daratan untuk mencukupi kebutuhan akan pekerja tambang. Orang-orang Cina ini dipimpin oleh seorang Kapten bernama Ho A Jun yang ditunjuk oleh pemerintah kolonial untuk mengurus segala hal yang berkaitan dengan komunitas Cina.

Kapten Ho adalah Kapten Cina pertama dan terlama di Belitung (1852-1895). Ia mendirikan rumah di wilayah kampung Cina dengan pilar-pilar kokoh dan Toapekong besar di dalamnya. Setelah tidak menjabat, rumah Kapten Ho digunakan sebagai gedung societeit, tempat para pejabat Belanda dan elit Cina bergaul dan bersenang-senang. Rumah Kapten Ho ini tinggal tersisa pilar-pilarnya serta ruang Toapekong yang kemudian dikenal sebagai Toapekong Kapten Cina itu. Bangunan itu kini menjadi bagian dari Hotel Billiton.

Source https://www.thearoengbinangproject.com/ https://www.thearoengbinangproject.com/toapekong-kapten-cina-di-tanjung-pandan-belitung/
Comments
Loading...