Titi Gantung Medan

0 558

Lokasi Titi Gantung

Titi Gantung terletak di Jl. Kereta Api No.2 B, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara 20111.

Sejarah Titi Gantung

Titi Gantung  yang berada persis di atas stasiun besar Kereta Api Medan hanyalah jembatan kecil penghubung Jalan Pulau Pinang dengan Lapangan Merdeka. Namun, jika ditelusuri,bangunan ini ternyata merupakan situs sejarah modernisasi di Kota Medan.

Mengulas sekilas sejarah Titi Gantung sebenarnya dibangun ketika dibukanya Perusahaan Kereta Api Deli Spoorweg Maatschappij (DSM) pada 1885. Merupakan perusahaan kereta api pertama di luar Pulau Jawa semasa kolonial Belanda.Saat itu kereta api sudah dijadikan sebagai sarana transfortasi pengangkutan hasil kebun dan mengangkut penumpang. Geliat semangat modernisme dan pertumbuhan perekonomian Kota Medan pada masa kolonial Belanda ditandai dengan pembangunan stasiun kereta api tersebut. Karena itu,Titi Gantung dapat dikategorikan sebagai bagian saksi sejarah pertumbuhan kota.

“Titi Gantung ini sebenarnya ikon (simbol) modernisasi dan pertumbuhan perekonomian kota semasa kolonial Belanda.Karena titi penyeberangan tersebut dijadikan tempat untuk menyaksikan pertama kali dalam sejarah di luar Pulau Jawa, transportasi darat yaitu kereta api sebagai sarana pengangkutan hasil kebun seperti tembakau Deli saat itu,” kata Gustanto, pengamat pariwisata dan multikulturalisme dari Universitas Sumatra Utara (USU).

Sejak itu pula, kata Gustanto, pembangunan Kota Medan semakin berkembang pesat. Beberapa pusat perkantoran Kolonial Belanda seperti London Sumatra, Kantor Pos Besar, Balai Kota, dan gedung- gedung bersejarah lainnya yang terdapat di sekitar Lapangan Merdeka dan kawasan Kesawan mulai bermunculan.Jembatan tersebut pun menjadi penghubung bagi masyarakat yang ingin ke pusat kota. Letak dan posisi Titi Gantung saat itu cukup strategis. Dari titi tersebut, masyarakat dapat melihat pemandangan kota yang sudah dipenuhi bangunan sejarah.

Source Titi Gantung Medan Medan
Comments
Loading...