Tinggal Keluarga Sidin Padang

0 85

Tinggal Keluarga Sidin

Bangunan ini dibangun pada tahun 1910, dipergunakan sebagai ruko Keluarga Sidin Lenggang Sutan untuk berjualan peci, kemudian pada tahun 1948 pernah dijadikan hotel. Kemudian dari tahun 1970 sampai sekarang dijadikan gudang rempah-rempah.

Bangunan yang terdiri dari dua lantai ini beratap seng, dengan bentuk atap pelana kuda. Arsitektur yang diperlihatkan merupakan arsitektur colonial dengan bentuk bangunan yang kokoh permanen dari bata berlepa kapur, dengan ketebalan dinding sekitar 30 cm. pilar-pilar segi empat yang membentuk bidang lengkung di bagian atas juga mendominasi bagian depan lantai satu (lantai bawah). Teras tidak hanya terdapat di lantai bawah, tapi di lantai atas juga terdapat teras yang diberi pagar setinggi 50 cm, terbuat dari bata berlepa kapur.

Bangunan ini lebih menonjol dari bangunan di sekelilingntya, karena seluruh bangunan diberi cat kuning dan hijau. Pintu masuk terdapat di bagian tengah di lantai satu sebanyak 4 buah. Lantai satu ruangan dalam terdiri dari ruangan lapang yang dipergunakan untuk menumpuk barang-barang rempah, bagian belakang dipergunakan sebagai dapur dan kamar mandi.

Lantai dua terdiri dari ruangan lapang dan kamar yang terdiri dari 2 (dua) buah. Pasca gempa tahun 2009, kerusakan bangunan hanya mengalami rusak sedang sekitar 40 %. Terdiri dari langit-langit lantai atas ambruk, dinding-dinding di lantai satu dan dua sebagian mengalami retakretak. Langit-langit di lantai satu sebagian ada yang runtuh. Gable di bagian sisi timur ambruk.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang.pdf
Comments
Loading...