Terowongan Kereta Api Muaro Kalaban (Lubang Kalam) Sawahlunto

0 214

Terowongan Kereta Api Muaro Kalaban (Lubang Kalam)

Spoorweg Tunnel atau Lubang Kalam dibangun tahun 1892 dan selesai pada tahun 1894. Dengan selesainya dibangun terowongan untuk jalur rel kereta api Muaro Kalaban-Sawahlunto ini membuka akses Sawahlunto dengan dunia luar. Dengan itu pula pengangkutan Batu Bara dapat dibawa dengan gerbong kereta secara massal menuju pelabuhan Emmahaven (Teluk Bayur) Padang untuk dikapalkan dan dipasarkan keberbagai belahan dunia terutama ke Eropa. Pembangunan terowongan selama tahun 1892-1894 itu mengerahkan tenaga kontrak dan buruh paksa untuk menembus bukit berbatu cadas sepanjang 828 meter. Mulut terowongan terbuat dari beton. Sepanjang terowongan terdapat jalur rel kereta api Muarokalaban-Sawahlunto. Kirikanan terowongan terdapat 33 ruangan menyerupai bilik berbentuk oval dengan panjang 2,10 m, lebar 1,25 m dan tinggi 2,30 m. Jarak antar bilik 2,3 meter. Bilik-bilik itu berfungsi sebagai tempat berlindung orang seperti pejalan kaki, pekerja saat kereta api melintas masuk terowongan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Sawahlunto.pdf
Comments
Loading...